Nasional

DPD Minta Pemerintah Belajar Pemindahan Ibukota Dari Kazakhstan

KAZAKHSTAN Patut menjadi contoh bagi Indonesia terkait pemindahan ibu kota. DPD RI melihat Kazakhstan telah melakukan pemindahan dengan cara yang sangat terstruktur dari berbagai aspek. Sebagaimana disampaikan oleh Deputi Walikota Nur Sultan, Malika Bektorova dan Direktur Astanagenplan, Arseniy Pirozhkov.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis, setelah memimpin delegasi DPD RI saat mengunjungi kantor Walikota Nur Sultan, Kazakhstan di sela-sela konferensi Eurasia (Eropa-Asia). Dalam kunjungan tersebut mendengarkan paparan mengenai pemindahan ibu kota yang pernah dilakukan Kazakhstan dari Almaty ke Astana (kini Nur Sultan). Nur Sultan, Kazakhstan, pada Senin (23/9/2019) lalu.

Menurut Darmayanti, kunjungan ini memberikan banyak referensi bagi Indonesia yang akan melakukan pemindahan ibu kota. Kazakhstan telah melakukan pemindahan dengan cara yang sangat terstruktur dari berbagai aspek. Pemaparan tersebut diberikan oleh Deputi Walikota Nur Sultan, Malika Bektorova dan Direktur Astanagenplan, Arseniy Pirozhkov.

DPD RI melihat pemindahan ibukota yang dilakukan Kazakhstan sangat luar biasa. Mengapa? Karena dari tahun 2001 sampai sekarang perkembangan penduduknya, tingkat tata kotanya sudah diatur sedemikan rupa, alur air sungai dipertahankan, penghijauan dipertahankan, dan lalu lintas hingga bangunan semua diatur dengan baik.

Karena itu, banyak hal yang dapat dipelajari Indonesia dalam hal pemindahan ibu kota dari Kazakhstan. Aspek tata kota, pembiayaan, penghijauan, hingga masalah kependudukan, dan lain-lain dapat dipelajari dengan baik dari Kazakhstan.

Sehingga, Kazakhstan akan menjadi contoh dan panduan bagaimana mengembangkan sebuah ibu kota baru, calon ibu kota ke depan harus dieprsiapkan, agar tidak terjadi perpindahan urbanisasi penduduk yang sering terjadi di kota-kota besar dunia. “Jadi, Indonesia harus belajar dari Kazakhstan,” pungkas Darmayanti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top