Market

Dongkrak Pengrajin Daerah, Industri Pariwisata NTT Butuh Sentuhan KLHK

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ikut membangun industri pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT). Apalagi Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang giat-giatnya mendongkrak sektor pariwisata yang untuk membangun daya saing daerah. “Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat ini lebih banyak di bidang pariwisata, sehingga erat berkaitan dengan lingkungan hidup dan kehutanan,” kata Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat saat mengikuti Rapat Kerja dengan Menteri LHK Siti Nurbaya beserta jajaran, di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Oleh karena itu, kata Istri Gubernur NTT ini, industri pariwisata NTT harus kembali bergairah menyambut New Normal. “Kebetulan program Pak Gubernur NTT itu lebih besar di bidang pariwisata,” ujarnya.

Menurut Juli, sebelum pandemi Covid-19, Presiden Jokowi menyebut NTT termasuk destinasi wisata prioritas. “Karena itu, saya memohon Ibu Menteri (LHK) karena mempunyai lahan kehutanan yang bisa menjadi objek pariwisata untuk bisa mendukung penuh (program) Gubernur NTT ini,” ucapnya.

Lebih kata kata Juli, Wilayah NTT memiliki potensi yang besar termasuk kondisi alam dan lingkungannya . Karena itu butuh kerjasama pengelolaan yang baik. Karena itu sinergi antara KLHK dengan seluruh unsur pemangku kepentingan di NTT sangat diperlukan. “Saya adalah Ketua Dekranasda NTT. Kami mempunyai program adalah menuju ekowisata dan agrowisata,” ungkapnya.

Bahkan, Istri Gubernur NTT ini memberikan contoh, pihaknya mengggunakan tenun yang tiap hari dipakai mempunyai budaya yang luar biasa dan zaman dulu itu tenun dibuatnya itu dari kapas, tapi saat ini pohon kapas itu sudah hampir punah.

Legislastor daerah pemilihan (dapil) NTT I itu pun berharap Dekranasda NTT bisa kolaborasi dengan KLHK dalam menciptakan lahan pariwisata yang memanfaatkan potensi alamnya. “Saya bermimpi bisa berkolaborasi dengan ibu (Menteri LHK) dan mohon dukungannya untuk Dekranasda bisa menjadikan itu pariwisata sebagai wilayah yang pohonnya itu bisa kita petik,” sambungnya.

Dikatakan Julie, pemanfaatan pariwisata juga berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Sehingga ia pun sangat berkeinginan untuk membantu Pemerintah dalam sektor itu. “Saya ingin Dekranasda ini bisa membantu pemerintah di bidang pariwisatanya. Sehingga masyarakat bisa enjoy dengan alam, tapi juga ada nilai ekonomi bagi masyakat yang tinggal di sekitarnya,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top