Nasional

Dispenda Aceh Selatan Gelar MQK-2 Lomba Baca Kitab Kuning

TAPAKTUAN, SUARAINVESTOR.COM- Dinas Pendidikan Dayah (Dispenda) menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK)-2 Aceh Selatan, dalam rangka seleksi peserta lomba baca kitab kuning bagi santri dayah, Selasa (21/9/2021).

Kadis Dayah Drs. Farid Wajdi menjelaskan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK)-2 Aceh Selatan merupakan tahapan seleksi untuk mencari santri terbaik di antara yang baik, agar menjadi wakil Kabupaten Aceh Selatan di MQK ke II Aceh, yang akan dilaksanakan awal Oktober mendatang di Banda Aceh.

“Kegiatan MQK-2 Aceh Selatan, bertujuan untuk melatih dan mengupgrade keilmuan para santri dayah serta meningkatkan jiwa kompetitif dikalangan santri, agar bersemangat dengan semangat mengikuti ajang perlombaan MQK ditingkat Provinsi Aceh maupun nasional,” ujarnya.

Farid Wajidi menyebut seleksi ini terbuka yang diikuti oleh peserta dari perwakilan dayah yang ada, di Aceh Selatan”.Meskipun ditengah masa pendemi Covid-19 tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang digelar di Aula Dispenda dan aula MPU Aceh Selatan .

“Lomba ini nantinya akan mengambil peserta terbaik untuk mengikuti pelatihan. Kita memastikan memastikan peserta dari 13 cabang, diberbagai cabang yang diperlombakan di tingkat Provinsi Aceh,” sebutnya.

Terpisah, Ismail Usman,M.Pd, Kabid Pembinaan Kurikulum dan Santri merangkap ketua panitia mengutarakan kegiatan Musabaqah Qiraatil Kutub berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 21 hingga 24 September 2021, dengan 13 cabang perlombaan diberbagai tingkat lomba yaitu Marhalah Ula (akhlak, tauhid dan bicara Bahasa Indonesia) dan Marhalah Wustha (Fiqh, tarikh, tafsir, hadist dan bicara Bahasa Inggris).

Selanjutnya, Marhalah Ulya (Nahwu, ushul fiqh, ilmu tafsir, balaghah, bicara bahasa Arab). Adapun peserta yang mengikuti MQK-2 Aceh Selatan membuka 172 peserta, terdiri dari sebanyak 97 dan putri 75.

“Kami berharap acara ini berjalan lancar tanpa kendala apapun dalam seleksi ini, sehingga mendapat peserta terbaik,” terang Ismail. (Naidy)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top