Headline

Dilantik Presiden, Ketua Sementara KPK Nawawi Pamolago Siap Pulihkan Kepercayaan Masyarakat

Dilantik Presiden, Ketua Sementara KPK Nawawi Pamolago Siap Pulihkan Kepercayaan Masyarakat
Ketua Sementara KPK memberikan keterangan pers usai pengucapkan sumpah Ketua KPK dihadapan Presiden Jokowi, Senin (27/11/23)/Sumber Foto: Dok Setkab

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menegaskan komitmennya untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi KPK. Pasalnya, hal yang paling mendesak bagi lembaga untuk dilakukan dalam situasi seperti ini. “Terpenting yaitu tadi bagaimana sedikit, dalam tanda kutip sedikit saja memulihkan tergerusnya rasa kepercayaan masyarakat ini kepada lembaga,” katanya usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Lebih jauh Nawawi menambahkan pihaknya langsung mengadakan rapat dengan pimpinan lainnya untuk membahas langkah strategis yang harus dilakukan KPK ke depan. “Saya berencana seusai dari tempat ini saya akan kembali ke kantor dan meminta rekan-rekan pimpinan dan seluruh pejabat struktural eselon I dan II untuk mengadakan rapat, rapim barangkali,” ucapnya lagi.

Diaku Nawati, pihaknya akan berbincang mengenai segala hal yang barangkali harus dilakukan dalam yang menjadi skala prioritas. “Kita ke depannya menyikapi situasi yang dihadapi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi,” paparnya.

Dikatakan Nawawi lagi, bahwa Presiden Joko Widodo memberikan arahan khusus kepadanya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. “Beliau tadi dengan mimik ini saja kami membaca, tetapi ada satu ucapan hati-hati dalam melaksanakan tugas, mengemban tugas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus melanjutkan penyidikan perkara korupsi yang menjadi kewenangan KPK dan melakukan pemantauan terhadap perkara korupsi lainnya yang ditangani oleh aparat penegak hukum lain. “Yang Kementan kami ya, yang BTS itu Pak Jaksa Agung dan teman-temannya. Kami tetap melakukan pemantauan dalam kapasitas Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai lembaga yang supervisi segala penanganan perkara korupsi oleh pihak lain juga,” ujarnya.

Di samping itu, Mantan Wakil Ketua KPK tersebut juga berkomitmen untuk menjadikan prioritas perkara-perkara korupsi yang statusnya masih belum selesai. “Semua perkara-perkara yang masih dan berstatus seperti itu, itu menjadi prioritas daripada Komisi Pemberantasan Korupsi,” tegasnya.

Untuk itu, ia pun meminta kepada semua pihak, termasuk kepada para awak media untuk mendukung upayanya dalam rangka memulihkan kepercayaan publik terhadap institusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Saya mohon dengan sangat tanpa teman-teman juga upaya untuk memulihkan itu tidak akan. Saya mohon juga kalau mencintai lembaga itu eksistensi tetap ada, dukung dan support lembaga itu,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 November 2023. Pengangkatan Ketua Sementara KPK ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 116/P/Tahun 2023 tentang Pemberhentian Sementara Ketua Merangkap Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024 dan Pengangkatan Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Usai pembacaan Keppres oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti, Nawawi Pomolango kemudian mengucapkan sumpah/janji jabatan di hadapan Presiden Jokowi. “Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada siapapun juga,” ucap Nawawi dihadapan Presiden.

Prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Nawawi Pomolango disaksikan oleh Kepala Negara. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan tamu undangan lainnya.***

Penulis   : Chandra
Editor     : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top