Nasional

Di Pilgub II DKI, PAN Cenderung Dukung Anies-Sandi

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) berjanji akan segera mengumumkan secara resmi sikap koalisi di putaran kedua Pilgub DKI dalam waktu dekat ini. Tapi, PAN sendiri secara tersirat sudah makin terang-benderang mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini sekitar Sabtu, Minggu, atau Rabu depan akan diputuskan keputusan secara resmi PAN mendukung kesiapan di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta, tapi sekarang kecenderungan itu ke Anies-Sandi,” tegas Ketua DPP PAN Yandri Susanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (22/2/2017).

PAN memahami ajakan PDIP soal koalisi untuk mendukung Ahok-Djarot di putaran kedua, namun PAN menegaskan partainya cenderung tidak mendukung karena faktor Ahok, bukan pada Djarot.

“Bahwa PDIP serius mengajak kami, tapi sudah disampaikan kita dengan PDIP tidak ada masalah, dengan Djarot kita sangat hormat. Namun dari awal Mei sampai Juni 2016 lalu sebelum pilkada kita sudah bolak-balik menemui ketum PDIP bahwa kita siap berkoalisi tapi bukan mendukung Ahok,” kata Yandri.

PAN menegaskan memiliki hak kolektif-kolegial untuk tidak bersama-sama dengan PDIP di putaran kedua Pilgub DKI nanti. Karena itu dia berharap PDIP memaklumi putusan PAN.

“Kami sampaikan alasan bukan tidak mau koalisi dengan partai koalisi pemerintahan, tapi kami punya mekanisme kolektif-kolegial. Hampir semua pengurus dan simpatisan PAN tidak ingin Ahok, sehingga saya yakin PDIP memahami itu bahwa kami tidak bersama-sama di putaran kedua nanti,” pungkas Yandri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top