Nasional

Di DPR Raja Salman akan Pidato Selama 10 Menit

JAKARTA – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud akan mengunjungi Gedung MPR/DPR, pada Kamis (2/3/2017) besok. Memang dijadwalkan tidak lama, hanya berkunjung selama 30 menit, namun sejumlah negarawan dan elite partai politik turut diundang dalam kesempatan tersebut.

“Semua diundang mantan Presiden dan mantan Wapres, mantan Ketua DPR, dan lain-lain. Tak hanya para mantan kepala negara dan mantan ketua parlemen, pimpinan partai politik juga diundang untuk menghadiri momentum bersejarah ini,” tegas Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Menurut Fadli, dirinya mendapat informasi bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menyempatkan hadir ke acara tersebut. “Ketum partai diundang. Kalau tidak salah Pak Prabowo rencananya akan hadir,” ujarnya.

Sementara itu Raja Salman telah tiba di tanah air, pada Rabu (1/3/2017) pukul 12.30 Wib dan langsung menghadiri acara penyambutan di Istana Bogor. Menurut jadwal, Raja Salman dan rombongan akan menyambangi Gedung MPR/DPR pada keesokan harinya pukul 13.00 WIB.

Rencananya, pada kesempatan tersebut Raja Salman juga akan menyampaikan pidato singkat selama sekitar 10 menit. Raja Salman hanya mempunyai satu permintaan khusus saat menyampaikan pidatonya di Gedung DPR RI tersebut.
“Untuk di DPR, beliau ingin tempat penyambutan beliau sama dengan 47 tahun yang lalu (Juni tahun 1970), di ruang paripurna yang sama. Dimana Raja Faisal bin Abdulaziz mengunjungi Indonesia dan sempat berpidato di ruang paripurna DPR ini,” tambah Wakil Ketua DPR Agus Hermanto.

Sejak saat itu, Raja Arab Saudi tidak pernah berkunjung lagi ke Indonesia hingga kedatangan Raja Salman saat ini. “Dengan memberi sambutan di tempat itu, maka bisa mengingatkan, bahwa Raja dahulu juga pernah memberi sambutan di sini,” tambah Dewan Pensehat Partai Demokrat ini.

Selain permintaan tempat itu kata Agus, tidak ada permintaan khusus lain. Namun, DPR tetap menyiapkan semuanya dengan sebaik mungkin, mulai dari penataan ruangan hingga kursi yang digunakan Raja Salman. “Bahkan, jalan masuknya dibuat lebih mudah karena beliau jalannya harus lebih rata,” pungkas Agus.

Raja Salman tiba di Indonesia pada Rabu (1/3/2017). Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma.

Setelah itu, kedua kepala negara melakukan pertemuan di Istana Bogor. Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lain hingga 4 Maret. Selanjutnya, Raja Salman dan rombongan yang terdiri dari 1.500 orang berlibur ke Bali hingga 9 Maret.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top