Market

Demi Perbaikan, Forum Pelanggan PDAM TB Siap Kritisi Kinerja

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM Meski PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang dinyatakan “sehat” kinerjanya oleh Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) 2018. Namun tetap harus dikritisi oleh masyarakat agar kinerjanya semakin membaik. Karena berdasarkan data Kementerian PUPR 2018, ternyata Kinerja PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang hanya berada pada ranking 4 dengan perolehan nilai 3,37 dari 6 PDAM pada Propinsi Banten.

Ranking pertama, adalah PDAM Kabupeten Tangerang 4,23. Kedua, PDAM Kota Cilegon dengan nilai kinerja 3,63. Ketiga, PDAM Kabupaten Pandeglang dengan nilai kinerja 3,44. Sedangkan rangkin lima, PDAM Kabupaten Lebak kinerjanya 3,28. Dan Keenam, PDAM Kabupaten Serang hanya 2,84.

Tentu saja masyarakat menginginkan agar kinerja PDAM Tirta Benteng ke depan bisa menyalip kinerja dua PDAM lainnya. “Nah karena peduli dan cinta terhadap layanan PDAM yang baik, kami bentuk Forum Pelanggan PDAM Tirta Benteng,” kata Ketua Forum Pelanggan PDAM Tirta Benteng, Hendri Zein dalam siaran persnya di Tangerang, Jumat (5/7/2019).

Salah satu alasan pembentukan wadah ini, kata Hendri, jumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang yang terus bertambah dan saat ini telah mencapai 50 ribu. Menurutnya, pembentukan forum ini merupakan suatu keharusan agar terciptanya koordinasi yang baik antara pelanggan dengan PDAM. “Amanah undang-undang menjadi kebutuhan masyarakat atau pelanggan di mana kita tahu hari ini jumlah pelanggan mencapai di atas 50 ribu. Karena itu, dibutuhkan forum ini,” ujarnya lagi.

Pembentukan forum juga merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 23/2016 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum Pada PDAM. Kata Hendri, dalam aturan tersebut mengharuskan PDAM membentuk forum pelanggan jika sudah memiliki pelanggan di atas 35 ribu. “Harusnya forum ini diinisiasi oleh PDAM. Namun tidak juga dibentuk,” cetusnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Pelanggan PDAM Tirta Benteng, Oman Jumansah menambahkan, pembentukan forum juga untuk menjawab kebingungan pelanggan yang hendak menyampaikan aspirasinya terkait layanan PDAM Tirta Benteng.”Selama ini pelanggan kalau mengadu ke PDAM bingung. Apalagi kalau mengadu perseorangan tidak ditanggapi, kalau dari forum kan ditanggapi,” ucapnya.

Ia menuturkan, forum ini akan segera membentuk setiap perwakilan pelanggan di 13 kecamatan dan 104 kelurahan se-Kota Tangerang. Bahkan ke depan, akan membuat hotline (saluran komunikasi)
“Ke depan kami akan segera merapikan organisasi dan konsolidasi antar pelanggan serta menghadirkan sekretariat,” tukasnya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top