Nasional

Deklarasi Damai Lintas Agama Di Haul Gus Dur

JAKARTA, Sebuah deklarasi damai oleh para pemuka lintas agama turut mengisi puncak peringatan Haul Ke-7 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Jumat (23/12) malam, di kediaman Gus Dur di Jalan Warung Silah Nomor 10, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj memimpin proses pembacaan deklarasi yang diberi nama “Ikrar Ciganjur” itu. Setelah diteken, piagam Ikrar Ciganjur diserahkan kepada Jokowi selaku kepala Negara.

Para tokoh lintas agama yang secara serentak turut membaca ikrar tersebut di atas panggung adalah Pendeta S.A.E Nababan, Biksu Suryanadi Mahathera, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo, Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Uung Sendana, tokoh Hindu Yanto Jaya, dan tokoh penghayat aliran kepercayaan Engkus Ruswana.

Prosesi deklarasi disaksikan mantan wakil presiden Boediono, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Tito Karnavian, Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, para kiai, para seniman, dan ribuan hadirin yang hadir memadari lokasi acara.

Berikut adalah bunyi lengkap teks deklarasi “Ikrar Ciganjur”:

Demi tegaknya harkat dan martabat manusia, terciptanya kehidupan yang lebih baik bagi generasi saat ini dan masa depa, serta demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan NKRI, kami umat beragama warga negara Indonesia berikrar:

1. Akan senantiasa menjaga kedamaian, kerukunan, persaudaraan dan keadilan antar sesama umat beragama.
2. Menciptakan suasana sejuk, harmonis dan bebas konflik antar sesama umat beragama
3. Memelihara keberagaman dan perbedaan dengan saling melindungi berbagai agama dan keyakinan yang ada di Indonesia secara tulus dan sungguh-sungguh
4. Menolak segala bentuk intimidasi dan pemaksaan agama/keyaknian serta menolak anarki kekerasan dalam beragama
5. Mendukung pemerintah untuk menegakkan konstitusi yang melindungi hak warga negara dalam menjalankan agama dan keyakinannya

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi dan melindungi kita semua.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top