Market

Data Masa Lalu Jadi Bahasan Guna Tentukan Progres KEN

Data Masa Lalu Jadi Bahasan Guna Tentukan Progres KEN
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif,/Foto: Tangkapan Layar

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sidang Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) ke-3 tahun 2022, salah satu agendanya membahas progres pembaruan Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang perlu disesuaikan dengan proyeksi pertumbuhan. Misalnya, pertumbuhan penduduk dan ekonomi, baik melalui strategi Business as Usual (BaU) maupun strategi optimis. “Untuk itu, perlu kita menarik data dan histori yang terjadi mungkin dua sampai dengan empat dekade ke belakang, yang terjadi di dunia dan dalam pertumbuhan kita,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, Rabu (3/8/2022).

Ketua Harian Sidang Anggota DEN itu, menjelaskan terkait perkembangan pembentukan Nuclear Energy Program Implementation Organization (NEPIO).

Arifin menyebutkan perlunya sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya NEPIO. “Untuk itu, kita perlu preliminary activity, seperti sosialiasi kepada masyarakat bahwa ini memang diperlukan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Arifin menjelaskan tugas pemerintah adalah untuk menyediakan energi, khususnya energi bersih. Maka dari itu, diperlukan transisi energi dari sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan (EBT).

Terkait transisi energi, Arifin mengimbau kepada Kementerian /Lembaga untuk melakukan sinkronisasi atas asumsi-asumsi progres transisi energi. “Kita juga perlu mempertimbangkan perkembangan teknologi di masa mendatang dalam membuat asumsi tersebut,” pungkas Arifin.

Adapun isu lainnya yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain terkait Sistem Informasi Pengawasan Pelaksanaan Kegiatan Matriks Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) atau SI-SANTER, anggaran DEN tahun 2023, dan program legislasi atau kelembagaan. ***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor     : Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top