Nasional

Dasco: Surat Perjanjian dengan Anies Itu Ada di Saya

Dasco: Surat Perjanjian dengan Anies Itu Ada di Saya
Dasco: Surat Perjanjian dengan Anies Itu Ada di Saya/foto anjasmara

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan jika soal perjanjian terkait pilpres yang diteken Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno, itu ada pada dirinya dan bermeterei. Perjanjian itu benar adanya. Karena itu, jika ada yang bicara tidak ada, itu orang karena tidak tahu.

“Sebenarnya gini, bahwa kalau ada orang yang ngomong bahwa perjanjian itu tidak ada, orang itu mungkin tidak tahu. Kenapa? Karena selama ini yang namanya perjanjian itu yang bersifat internal, itu memang kita tidak ekspos ke publik. Dan, itu memang bukan untuk konsumsi publik,” tegas Dasco di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Meski demikian, Wakil Ketua DPR RI enggan menyebutkan isi perjanjian Prabowo, Anies dan Sandiaga Uno tersebut. Menurutnya, isi perjanjian itu tidak diperuntukkan sebagai konsumsi publik. Sehingga, soal isi perjanjian itu seperti apa, juga tidak bisa dibuka ke publik. “Itu bukan untuk konsumsi publik. Jadi kalau yang mau bertanya-tanya, boleh saja, tapi nanti masuk Gerindra dulu,” ujarnya.

Demikian pula apakah isi perjanjian itu mengikat untuk Anies, Dasco mengatakan sejak dulu isi perjanjian itu memang tidak dikehendaki untuk konsumsi publik. “Ya kalau saya jawab kan nanti jadi konsumsi publik. Karena kita kalau mau buka itu kan dari dulu, ya memang kita nggak mau buka, begitu,” jelasnya.

Namun, Dasco membenarkan pernyataan Sandiaga bahwa perjanjian itu ditulis oleh Fadli Zon. Tapi, kini surat perjanjian itu ada pada dirinya. “Pak itu sebagai salah satu pelaku yang mengungkapkan itu ke publik bahwa perjanjian itu ada. Tapi kan Pak Sandi juga nggak bilang detail isinya seperti apa. Nanti di kesempatan lain, ya lihat perkembanganlah nanti apakah kita kemudian akan cerita sedikit atau bagaimana. Yang pasti itu memang ditulis oleh Pak Fadli Zon. Dan, barangnya sekarang ada di saya,” ungkap Dasco.

Sandiaga Uno sebelumnya bicara soal perjanjian yang ditekennya bersama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Sandiaga mengaku hingga saat ini masih komitmen menjalankan perjanjian itu. Dia juga menyebutkan bahwa perjanjian itu masih berlaku hingga sekarang. “Saya sih commit (berkomitmen). Saya sampai saat ini karena saya tanda tangan itu, commit dan mungkin yang lain bisa ditanyakan,” kata Sandiaga di Istana Kepresidenan, Jakarta Senin (30/1).

Sandiaga menjelaskan perjanjian dengan Prabowo dan Anies itu diteken pada September 2016 lalu, pada malam sebelum pendaftaran Pilgub DKI tahun 2017. Perjanjian itu, kata dia, diteken di atas meterai.

Penulis: M Arpas

Editor: Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top