Nasional

Dasco: Pemerintah Sedang Cari Formulsi Harga PCR yang Murah

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan kalau DPR sudah menyampaikan kepada pemerintah terkait keberatan masyarakat terhadap mahalnya Swab test atau PCR guna memastikan seseorang itu negatif atau positif Covid-19. Dan, pemerintah kini sedang mencari formulasinya agar harga Swab PCR itu lebih murah dan harganya terjangkau.

“DPR sudah menyampaikan kepada pemerintah agar harga Swab PCR itu lebih murah dan terjangkau harganya oleh masyarakat. Kini, pemerintah sedang mencari formulasinya untuk membuat PCR yang murah. Kita tunggu dalam waktu dekat ini,” demikian Waketum Gerindra itu di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Namun, lanjut Dasco dengan harga PCR yang murah tersebut juga jangan sampai merugikan pengusaha. Karena itu, pemerintah harus mencari formulasi solusinya agar bermanfaat dan menguntungkn semua pihak. “Dengan harga PCR yang murah, pengusaha juga jangan sampai dirugikan,” katanya singkat.

Sebelumnya pemerintah mengatakan masih terus memformulasikan standarisasi harga swab test atau PCR test. Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengatakan bahwa rekomendasi harga sudah disampaikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kami sampaikan bahwa BPKP telah memberikan estimasi harga untuk yang sifatnya kontraktual sebesar Rp439.000 per spesimen. Sedangkan untuk yang sifatnya mandiri, usulan dari BPKP adalah Rp797.000,” ujarnya seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jakarta, Senin (28/9/2020).

Namun kata Doni, rekomendasi ini masih akan dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Sehingga angka itu nanti tidak memberatkan masyarakat. Tetapi juga tidak merugikan para pengusaha yang bergerak di bidang jasa pemeriksaan laboratorium,” ujarnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top