Headline

Dana KUR BRI Surabaya Untuk UMKM Capai Rp3,2 Triliun

uang/kompas.com

SURABAYA-Bank BRI Kanwil Surabaya telah menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) mikro dengan outstanding sebesar Rp 3,2 triliun, hingga pertengahan Juli 2017. Jumlah itu mengalami tambahan sekitar Rp 500 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “NPL kami terus terjaga di bawah 1 persen untuk penyaluran kredit ke mereka. Potensi UMKM di Surabaya juga cukup besar untuk terus bertumbuh,” kata Kepala Bagian Bisnis Mikro BRI Kanwil Surabaya, Dani Wildan di Jatim, Senin (24/7/2017).

Menurut Dani, kualitas kredit para pelaku UMKM di Surabaya cukup bagus. Oleh karena itu, BRI Kanwil Surabaya menargetkan penyaluran KUR mikro dengan outstanding mencapai Rp 4,2 triliun, hingga akhir 2017. Pihaknya cukup optimis lantaran BRI Kanwil Surabaya didukung oleh 700 tenaga tenaga spesialis KUR mikro dan 300 tenaga administrasi.

Terkait pameran, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi menyatakan, kegiatan itu dapat memberikan akses pasar dan promosi kepada pelaku UMKM di Jawa Timur. “Di pameran ini juga akan ada buyer dari luar negeri yang berencana datang ke pameran. Kami juga mengadakan temu bisnis agar bisa diikuti oleh pelaku UMKM dengan buyer. Tujuannya agar ada peningkatan omzet maupun akses pasar kepada mereka,” kata Mas Purnomo Hadi.

Saat ini, sebanyak 10 hingga 15 persen dari UMKM yang mengikuti acara tersebut biasanya akses pasar dan omset mereka meluas. Perekonomian Jatim pun sebanyak 54,98 persen ditopangg oleh sektor koperasi dan UMKM. PDB Indonesia dari koperasi pun terus merangkak naik dari 1,71 persen pada 2013 menjadi 3,99 persen pada 2017.
“Kami juga memberikan fasilitas bagi UMKM yang ingin mengurus sertifikat HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan sertifikat halal,” jelasnya.

Jumlah UMKM di Jatim mencapai 6,8 juta usaha. Dari angka tersebut total UMKM yang telah melakukan ekspor baru diangka 3.428. Sedangkan kini ada sekitar 1.230 pelaku UMKM Jatim yang tengah merintis untuk melakukan ekspor. Pameran yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 30 Juli 2017 di Grand City tersebut membidik transaksi dapat tumbuh sekitar 5 persen dari realisasi transaksi tahun lalu mencapai Rp 5,3 miliar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top