Industri & Perdagangan

Dampak Covid-19, Garuda Butuh Restrukturisasi Modal

Deddy Yevri Hanteru Sitorus

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Dampak wabah Covid-19 membuat kinerja Maskapai Garuda Indonesia sangat terganggu dan terseok-seok. Apalagi soal utang yang jatuh tempo pada Juni 2020 ini sebesar hampir 500 juta dollar AS. “Perlu restrukturisasi menyeluruh dan mendalam, tidak bisa dihindarkan, baik dari restrukturisasi operasi, kecukupan modal, model bisnis, dan pengaturan arus kasnya. Ini yang menurut saya sangat penting untuk dilakukan,” kata Anggota Komisi VI DPR Deddy Yevri Hanteru Sitorus di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Lebih jauh kata Deddy, Garuda harus segera mendapat suntikan paling tidak seratus juta lebih mahal dari total utang, yakni sekitar U$700 juta . Langkah itu harus segera dilakukan agar BUMN penerbangan ini tidak kolaps. Sehingga bisa mencegah efek negatif bisnis di bawahnya,” tambahnya.

Deddy tak membantah perusahaan pelat merah ini memang bermasalah sejak lama dan seharusnya menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder untuk menyelamatkan BUMN ini. Karena Garuda menyangkut urusan kehormatan bangsa Indonesia.

Menurutnya akan terjadi efek domino yang merugikan Indonesia secara masif apabila perusahaan ini tumbang. “Garuda menjadi episentrum penerbangan dan terkait dengan banyak pihak, misalnya dari ground-handling, jasa pengiriman, bandar udara, penumpang dan sebagainya.

Hanya saja, lanjut anggota Fraksi PDIP, Garuda memang punya banyak masalah. Sebut saja cost mereka tinggi, biaya operasional, biaya sewa pesawat, overhead tinggi, biaya finansial juga tinggi sekali. “Ini seluruhnya menjadi persoalan bagi kita semua.”

Deddy pun memberikan saran terkait langkah yang harus dilakukan Garuda untuk menyelamatkan perusahaannya. “Pertama, harus ada penyehatan dalam shift, short term dan long term ya. Saya katakan 600 juta dolar AS itu harus dimiliki Garuda sampai akhir tahun supaya bisa beroperasi. Kemudian Penyehatan operasi, dari mulai revisi bisnis model sampai penyediaan operasional dan cost,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top