Market

Dampak Brexit Bisa Dihadang Lewat Pengesahan UU Tax Amnesty

JAKARTA-Nilai tukar rupiah hingga pekan depan diprediksi masih tertekan dampak Brexit. Namun begitu pengesahan UU Tax Amnesty yang diharapkan selesai minggu depan bisa menjadi “obat” pendongkrak kelesuan rupiah. “Pelemahan rupiah kemungkinan hanya terjadi sementara mengingat tidak besarnya hubungan Inggris dengan Indonesia,” kata Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Faisyal di Jakarta.

Pada pasar spot, Jumat (24/6) rupiah tergerus 1,08% ke level Rp 13.391 per dollar AS dibanding hari sebelumnya. Sementara kurs tengah Bank Indonesia menunjukkan rupiah melemah 0,21% di level Rp 13.296 per dollar AS. “Karena Brexit adalah peristiwa global, dampaknya sampai keemerging market,” tambahnya

Kondisi ekonomi dalam negeri yang cukup stabil dapat menjadi tumpuan rupiah selanjutnya. Hal ini dibuktikan dengan data – data ekonomi yang cukup positif serta keberanian BI untuk memangkas tingkat suku bunga.

Meski demikian, sambung Faisyal, efek Brexit dapat mempengaruhi rupiah hingga awal pekan lantaran belum ada rilis data ekonomi dalam negeri. “Isu positif dari internal adalah kemungkinan pengesahan Undang-undang Tax Amnesty,” imbuh Faisyal.

DPR dan Pemerintah menargetkan pembahasan RUU Tax Amnesty rampung Senin besok (27/6), sehingga bisa dibawa ke paripurna esok harinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top