Nasional

CSIS: Tingkat Keterpilihan Gibran Besar di Solo

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Peneliti Departemen Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menyatakan, tingkat keterpilihan dan pencapaian Presiden Joko Widodo saat menjadi Wali Kota Solo dan sebagai Presiden RI menjadi modal kuat bagi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

“Popularitas Jokowi menjadi modal besar bagi Gibran. Dinasti politik itu kan bertahan karena salah satunya pola relasi yang sudah terbangun cukup lama oleh keluarga. Dalam konteks ini, pola relasi terjadi karena pengaruh Jokowi besar di masyarakat Solo, baik sebagai kepala daerah ataupun presiden,” tegas Arya, Selasa (29/10/2019).

Diketahui, kiprah politik Jokowi mulai dikenal masyarakat saat terpilih menjadi Wali Kota Solo pada tahun 2005. Saat itu, ia berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo. Kedua kader PDI Perjuangan ini berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen.

Kemudian, pada 2010, Jokowi-Rudy kembali terpilih memimpin Kota Solo dengan mememangi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo 2010 dan meraup suara 90,09 persen. Adapun pada Pilpres 2019, Jokowi yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin menang di semua kecamatan di Kota Solo.

Berdasarkan penghitungan riil KPU, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh sebanyak 301.995 suara atau 82,23 persen. “Pencapaian Jokowi dan tingkat keterpilihanya di Solo merupakan sebuah achievement yang jadi modal besar Gibran. Pencapaianya, kinerjanya, hingga prestasi Jokowi membuat warga Solo suka. Maka dari itu, kemungkinan juga warga Solo memilih Gibran karena pencapaian dan kinerja Jokowi saat jadi wali kota Solo dan presiden,” ujarnya.

Di sisi lain, Arya menegaskan, dinasti politik tidak semuanya berhasil. Menurut dia, ada sejumlah faktor berhasil atau gagalnya dinasti politik, salah satunya faktor kepuasan publik pada figur tertentu. “Misalnya bagaimana publik Solo terhadap Jokowi saat menjadi wali kota dan presiden. Sejauh ini kan cukup baik tingkat kepuasanya dan kepercayaan masyarakat kepada Jokowi, ya harusnya berdampak bagus untuk Gibran,” ucap dia. Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengaku ikut bersaing memperebutkan kursi wali kota Solo tanpa bantuan ayahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top