Perbankan

CIMB Niaga Sediakan Rp1 Triliun Demi Keamanan Data

CIMB Niaga Sediakan Rp1 Triliun Demi Keamanan Data
Kantor Bank CIMN Niaga, Bandung/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–PT.Bank CIMB Niaga Tbk menegaskan perseroan mengalokasikan dana Rp1 triliun dari belanja modal atau capital expenditure untuk pemeliharaan Teknologi Informasi (TI). Adapun dari total belanja tersebut, salah satu alokasi belanja TI terbesar digunakan untuk mengamankan sistem dan data nasabah. “Pengelolaan digital ini memang tidak murah karena kita harus selalu update,” kata Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lani Darmawan di Jakarta, Jumat, (19/5/2023).

Lebih jauh Lani-sapaan akrabnya menambahkan bahwa emiten berkode BNGA selalu mempersiapkan keamanan data dan keamanan TI, yang termutakhir. “CIMB Niaga juga melakukan stress test secara berkala untuk melihat seberapa kuat sistem pertahanan digitalnya, termasuk dari ancaman kejahatan siber,” ujarnya lagi.

Asosiasi perbankan dan pemerintah, menurut dia, sedang mempersiapkan aturan terkait bagaimana menghadapi situasi fraud. “Yang paling pasti harus siap dan sistem proteksi IT harus termutakhir. Saya rasa buat perbankan terutama mengelola data nasabah, ini hal yang paling penting,” ujarnya.

Adapun CIMB Niaga memiliki aplikasi di ponsel berupa OCTO Mobile yang melayani transaksi nasabah dengan jumlah yang terus naik sekitar 50 persen per tahun. “Tahun ini saja transaksi di mobile, terutama di OCTO Mobile itu naik di atas 60 persen. Dari tahun ke tahun, kenaikan transaksi tinggi sekali, jadi investasi di sistem digital memang harus selalu ada,” paparnya.

Per 31 Maret 2023, sebanyak 97 persen dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (ATM) dan Rekening Ponsel.***

Penulis :   Iwan Damiri
Editor   :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top