Nasional

CBA: Gerakan MLB PKB Makin Sulit Dibendung

rri.co.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Gejolak internal PKB terus menggelinding dan makin sulit dibendung. Apalagi sikap arus bawah, terutama kalangan millenial terlihat tidak puas terhadap kinerja Muhaimin Cs.

“Dinamika internal DPC-DPC di daerah terjadi, karena sikap DPP PKB yang terkesan sewenang-wenang, jadi kepemimpinan di daerah bukan berdasarkan keinginan konstituen,” kata Direktur Eksekutif Center for Budged Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/4/2021).

Menurut Uchok, bergejolaknya sejumlah DPC PKB daerah karena ada gejala memaksakan kehendak dan tidak ada lagi nuansa demokrasi di PKB. Kebijakan -kebijakan yang ada, malah membuat suasana PKB tidak lagi nyaman. “Jadi wajar saja, ada DPC PKB yang berontak. Hal ini, karena Muhaimin Cs tak mau mendengar arus bawah,” terangnya.

Lebih jauh Uchok menilai ketidakpuasan DPC-DPC, karena disinyalir DPP PKB menginginkan cabang-cabang di daerah semua dipegang oleh kalangan milenial. Bahkan cabang-cabang itu diisi oleh orang-orang titipan yang dipercaya pusat. “Makanya kader-kader lama alias senior yang saat ini mengabdi di PKB, akhirnya tersingkir semua,” ujarnya.

Disisi lain arus bawah menjadi resah, kata Mantan Pegiat FITRA, karena adanya wacana
kepemimpin DPP PKB akan diserahkan kepada Kakak Muhaimin, yakni Halim Iskandar dan kemudian Muhaimin diduga akan mengambil alih PBNU. “Memelihara sikap nepotisme ini jadi tidak sehat. Masak kepemimpinan hanya berputar di situ-situ saja,” ungkap.

Oleh karena itu, Uchok memprediksi gerakan pembaharuan dan reformasi PKB ini akan terus memanas. Apalagi akar rumput yang mayoritas warga nahdliyin, memandang Muhaimin Cs sudah tidak lagi sejalan dengan pemikiran Gus Dur. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top