Headline

Cable Car Banyuwangi, Investor Mulai Chek Lapangan

kompas.com

BANYUWANGI-Investor cable car (karete gantung) dan Pemkab Banyungawi bekerja sama melakukan penelitian guna merealisasikan proyek industri pariwisata. Proyek tersebut rencananya berada pada Kawah Ijen Banyuwangi. “Bulan depannya (Oktober 2017) lagi, Kemenpar dan pihak ketiga dari Swiss akan turun meneliti kondisi lapangan,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda di Banyuwangi Minggu (17/9/2017).

Menurut Bramuda mengatakan, dalam minggu ini, tim percepatan pembangunan kereta gantung di Kawah Ijen yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) segera menggelar rapat persiapan uji lapangan. “Kami segera melakukan rapat. Kemenpar sudah mengagendakan pertemuan dalam minggu ini,” tambahnya.

Sambil menunggu proses perizinan, kata Bramuda, konsultan dan pihak ketiga atau operator akan mengecek lapangan dan melihat kondisi medan serta memetakan kontur tanah yang akan menjadi tapak dari kereta gantung. “Mereka juga akan mencari gudang, untuk penyimpanan alat dan benda penunjang pembangunan kereta gantung,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, konsultan juga akan memetakan tapak kereta gantung, konstruksi dan mengecek kandungan kimiawi lingkungan apakah berbahaya dengan bahan untuk kereta gantung juga dilakukan.

Namun sambung Bramuda, Pemkab Banyuwangi menyerahkan kepada pemerintah terkait peletakan kereta gantung apakah di wilayah Banyuwangi atau Bondowoso.

Dampak ekonomi adalah yang akan menjadi prioritas setelah adanya kereta gantung. Tentunya kata pria yang biasa di panggil Bram ini, adanya kereta gantung nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar gunung Ijen. “Yang penting adanya cable car ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar baik dari Banyuwangi dan Bondowoso,” imbuhnya.

Sebelumnya Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar rapat koordinasi bersama jajaran terkait dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (10/8/2017) malam, membahas hal itu.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah pusat terus mendukung pengembangan ekonomi daerah. “Sinergi pusat dan daerah sangat penting untuk memastikan perekonomian tumbuh lebih baik lagi,” ujarnya sebagaimana dikutip keterangan pers Pemkab Banyuwangi.

Sinergi itu juga termasuk dalam pengembangan pariwisata. “Pariwisata jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun,” ujarnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top