Headline

Blok Husky Madura Targetkan 100 Juta Kaki Kubik/hari

SURABAYA-Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) yakin dapat memenuhi target produksi pertama gas dan minyak dari lapangan BD pada kuartal I tahun 2017 mendatang. Produksi awal akan menghasilkan gas sebanyak 100 juta kaki kubik per hari dan 6.000 barel perhari kondesat. “Berbagai upaya kami lakukan dengan menggenjot pembangunan proyek ini,” kata Head Of Relation HCML, Hamim Tohari dalam siaran pers di Surabaya, Senin (21/6/2016)

Menurut Hamim, pihaknya berupaya keras agar target produksi pertama pada kuartal I tahun 2017 segera tercapai. “Karena itu persiapan anjungan untuk pengeboran lepas pantai dioptimalkan,” ujarnya.

Sementara untuk pembangunan anjungan, lanjut Hamim, sedang diproduksi PT PAL Indonesia (Persero). “Anjungan lepas pantai itu merupakan pengembangan Lapangan BD yang telah terpasang di kedalaman laut 55 meter,” terangnya.

Proyek pembangunan anjungan lepas pantai ini diperoleh PT PAL setelah mereka memenangkan tender khusus proyek lepas pantai “Engineering Procurement Construction and Installation /EPCI”Madura BD.

Penggunaan anjungan lepas pantai produksi PT PAL merupakan wujud komitmen HCML dalam mendukung usaha SKK Migas untuk terus meningkatkan persentase TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan mendukung perkuatan industri nasional dalam kegiatan operasinya.

Lapangan BD merupakan bagian dari Blok Husky Madura Strait terletak di lepas pantai Selat Madura, Jawa Timur.

Tepatnya di 65 kilometer sebelah timur Surabaya dan 16 kilometer sebelah selatan pulau Madura.

Sumur-sumur gas Madura-BD berada ada di sekitar area kepulauan Mandangin, lepas pantai Selat Madura.

Lapangan pengembangan ini merupakan lapangan lama dan diharapkan akan menghasilkan 442 BCF (Billion Cubic Feet) Gas Bumi dan 1,7 MMBLKondesat selama 13 tahun. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top