Market

BKSAP Optimis Even IPU Pulihkan UMKM Pariwisata Bali

BKSAP Optimis Even IPU Pulihkan UMKM Pariwisata Bali
Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana usai dialektika demokrasi bertema “Misi DPR RI dalam Inter Parliamentary Union (IPU) Ke-144 Bali” bersama Wakil Ketua BKSAP F-PAN Ir. H. Achmad Hafidz Tohir di Jakarta, Kamis (17/3/2022)/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Sidang Inter Parliament Union (IPU) yang akan dihadiri sekitar 121 negara berpotensi membangkitkan sektor UMKM Pariwisata Bali. Karena delegasi parlemen dari berbagai negara akan datang, sehingga diprediksi ada sekitar 1000-an peserta yang hadir. “Tentu karena sangat banyak, maka strategi kita, membawa para delegasi ini selama satu hari ke lokasi-lokasi wisata yang banyak UMKMnya,” kata Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana usai dialektika demokrasi bertema “Misi DPR RI dalam Inter Parliamentary Union (IPU) Ke-144 Bali” bersama Wakil Ketua BKSAP F-PAN Ir. H. Achmad Hafidz Tohir di Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Rencana awalnya, kata Politisi Partai Demokrat, para UMKM ini terlibat langsung di arena dan hotel-hotel para delegasi menginap. Namun karena agenda dan acara IPU padat. “Makanya, usai acara sidang IPU, ada satu hari kita bebaskan para delegasi parlemen menuju destinasi wisata, misalnya ke Ubud, Uluwatu, Nusa Dua dan lain-lainnya. Jadi mereka bisa bertransaksi langsung untuk membeli oleh-oleh dan cinderamata,” paparnya.

Putu Supadma mengaku masyarakat Bali Terbantu Kegiatan IPU/Foto: Anjasmara

Putu Supadma mengaku masyarakat Bali Terbantu Kegiatan IPU/Foto: Anjasmara

Yang jelas, kata Legislator asal Pulau Dewata, UMKM harus mendapatkan manfaat atau dampak langsung dari pelaksanaan sidang IPU yang berlangsung 20-24 Maret 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. “Even internasional ini harus dimanfaatkan semaksimal, untuk memulihkan kepercayaan dunia, bahwa Indonesia siap menerima wisatawan,” terangnya.

Dengan kata lain, sambung Putu, manfaatnya bukan hanya untuk masyarakat Bali saja, namun untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Setidaknya manfaatnya untuk peningkatan ekonomi dan pemulihan kepariwisataan Indonesia.”

Lebih lanjut Putu menjelaskan BKSAP DPR ingin berkontribusi dalam pemulihan ekonomi. Karena itu, peran parlemen begitu luar biasa. “Saya banyak mendengar masyarakat Bali merasa bersyukur tentang adanya event IPU ini,” tegasnya.

Putu optimis even IPU merupakan awal dari pemulihan ekonomi nasional. Apalagi, destinasi-destinasi pariwisata selama dua tahun ini sangat terpuruk. Banyak daerah destinasi wisata atau kota yang mati. Karena memang tidak ada turisnya sama sekali. Lihat saja, dari 16,7 juta wisatawan mancanegara pada 2019, tiba-tiba semuanya hilang selama 2 tahun.

Buntutnya, lanjutnya, ekonomi Bali mengalami kontraksi double gigit dalam beberapa triwulan. Tentu hal ini sangat berat sekali. Tetapi dengan adanya even ini, kita memberi solusi dan berharap industri pariwisata nasional kembali bergeliat,” pungkasnya. ***

Penulis    :    Iwan Damiri
Editor      :    Kamsari

 

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top