Perbankan

Bidik Pelanggan Pos Indonesia, Sunday Tawarkan Asuransi di Platform Pospay

Bidik Pelanggan Pos Indonesia, Sunday Tawarkan Asuransi di Platform Pospay
Kantor PT Pos Indonesia/Sumber Foto: Dok PT Pos Indonesia

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Potensi pasar asuransi terhadap kalangan menengah ke bawah dinilai masih tinggi. Karena itulah, Sunday Indonesia, full-stack insurtech asal Thailand, menggandeng PT Pos Indonesia menghadirkan layanan pembelian asuransi yang terjangkau melalui platform Pospay bagi seluruh pelanggan Pos Indonesia mulai 12 Juli 2023. “Kolaborasi ini bisa membantu pelanggan Pospay untuk mengakses produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Director & Chief of Business Development and Partnership Officer Sunday Indonesia, Vinia Erwin di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Lebih jauh, kata Vinia, kolaborasi ini sejalan dengan misi Sunday sebagai insurance for everyone. Hal ini juga menjadi salah satu upaya Sunday untuk mewujudkan ekosistem full-stack insurtech di Indonesia. “Sebagai upaya dari penetrasi asuransi, Sunday hadir dengan memberi kebutuhan asuransi yang mudah, cepat, simpel dengan premi terjangkau bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Dengan demikian, ia mengungkapkan langkah ini menjadi komitmen Sunday dalam memberikan edukasi dan literasi mengenai asuransi yang berpengaruh terhadap pengelolaan finansial. Implementasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan mesin pembelajaran (machine learning) Sunday ke dalam platform Pospay memungkinkan pelanggan Pos Indonesia membeli asuransi dengan murah dan cepat, termasuk memudahkan pelanggan dalam penilaian (assessment) dan klaim asuransi.

Sunday menyediakan asuransi jiwa mikro bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dengan premi mulai dari Rp15 ribu hingga asuransi perlindungan perjalanan dengan keuntungan maksimal dan premi terjangkau.

Sementara itu, Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin dengan Sunday ini mampu memperkaya dan melengkapi layanan yang disediakan Pospay bagi masyarakat. Variasi layanan asuransi yang dapat dinikmati oleh masyarakat bertambah hingga ke asuransi perlindungan perjalanan, yang mampu menjadi batu loncatan dalam penambahan berbagai fitur di Pospay.

Adapun Pospay merupakan layanan pembayaran digital terpadu yang dikeluarkan oleh Pos Indonesia. Dengan mengembangkan teknologi System Online Payment Point (SOPP), pelanggan dapat melakukan transaksi seperti membayar tagihan listrik, air, sampai cicilan kartu kredit dengan mudah. Bersama Sunday, Pospay berupaya untuk semakin mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan finansial, termasuk asuransi.

Sebagai agregator, Sunday menjadi platform teknologi yang menghubungkan Pos Indonesia dengan perusahaan asuransi yang menyediakan produk-produk dan layanan asuransi yang dikumpulkan dalam satu platform. Meski begitu, pelanggan tidak perlu merasa khawatir sebab Sunday turut memastikan bahwa proses klaim dan pelayanan asuransi yang diterima pelanggan sudah sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku.

Rencananya, Pos Indonesia akan melakukan dua cara dalam memasarkan produk ini, baik secara daring dengan Sunday maupun luring di seluruh kantor cabang Pos Indonesia. Proses pembelian secara daring dapat dilakukan hanya dengan tiga langkah mudah, yakni mengunduh aplikasi Pospay di App store atau Google Play Store, pilih menu “Asuransi”, serta klik menu kategori produk asuransi dan pilih asuransi yang diinginkan. Sunday akan terus membantu Pos Indonesia dalam mengembangkan aplikasi Pospay. Tidak hanya memperbanyak varian produk asuransi, namun juga mengembangkan produk yang akan diluncurkan Pos Indonesia dalam aplikasi Pospay seperti pinjaman dan investasi.***

Penulis  : Iwan Damiri
Editor    : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top