Nasional

Bertemu Dubes Arab Saudi, DPR Minta Kepastian Keberangkatan Ibadah Haji

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Pimpinan Komisi VIII DPR RI melakukan pertemuan terbatas dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed al-Thaqafi, Selasa (10/03/2020). DPR Minta kepastian keberangkatan haji umat Islam Indonesia.

Hadir antara lain Wakil Ketua Komisi VIII Ihsan Yunus dan Marwan Dasoppang. Pertemuan membahas isu terminasi layanan ibadah umrah di tengah epidemi virus corona.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed al-Thaqafi menyampaikan pada Pimpinan Komisi VIII DPR bahwa Pemerintah Saudi Arabia sudah melakukan upaya maksimal untuk menangani virus corona tersebut.

“Kami menyiapkan rumah sakit khusus, menyeleksi akses masuk ke Masjidil Haram, membatasi umrah untuk warga lokal Arab, dan lain-lain. Sangat menyedihkan memang, tapi ini harus kami lakukan,” kata Essam.

Ihsan Yunus mengatakan jika DPR mengapresiasi pertemuan ini. Hanya saja DPR sebagai wakil rakyat khususnya umat Islam, juga sangat prihatin dengan kondisi ini. “Kami sangat menghargai ikhtiar Pemerintah Arab Saudi. Sebagaimana kami mendorong penanganan cepat pemerintah Indonesia tangani corona,” ujarnya.

Namun lanjut politisi PDI-P itu, tetap berharap ada kepastian ibadah haji karena terkait nasib jutaan umat Islam Indonesia.
“Penyelenggaraan haji ini momen yang sangat penting, dan jutaan umat Islam antrean sekaligus berdmapak pada rantai ekonomi sosial,” jelas Ihsan.

Karena itu kata Ihsan, kepastian keputusan Arab Saudi sangat ditunggu umat Islam Indonesia. “Kami bersama Menteri Agama RI sudah kalkulasi biaya, teknis penyelenggaraan haji, penerbangan, penginapan (maktab), katering, hingga layanan kesehatan. Sehingga keputusan Pemerintah Arab Saudi sangat penting,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top