Nasional

Belum Diterima Komite IV DPD RI, Jadwal Uji Kelayakan Calon Anggota BPK Tak Jelas

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Proses seleksi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tampaknya mengalami kemacetan. Karena hingga saat ini, DPD RI belum menerima nama-nama calon yang diserahkan oleh Komisi XI DPR. “Saya tidak tahu, apakah sudah sampai ke DPD RI, atau belum, jadi silahkan chek ke pimpinan DPR,” kata Ketua Tim Seleksi calon anggota BPK, Prof Hendrawan Supratikno kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Saat didesak mengapa sampai sekarang belum ada jadwal yang jelas soal fit and proper test dari Komite IV DPD RI, lagi-lagi anggota Komisi XI DPR ini menduga tinggal soal waktu saja. “Mungkin hanya soal komunikasi saja antara DPD RI dan DPR RI. Namun secara umum, tak ada masalah,” tambahnya.

Disinggung kemungkinan mandegnya proses fit and proper tersebut disebabkan adanya kepentingan politik, Hendrawan tak mau berspekulasi terlalu jauh. “Saya tidak tahu soal itu,”ujarnya singkat.

Sementara itu, anggota Komite IV DPD RI, Adrianus Garu mengaku hingga saat ini belum ada kejelasan, kapan akan diserahkan ke Komite IV DPD RI. “Belum ada jadwal mas, sampai sekarang belum diserahkan,” terangnya.

Namun demikian, senator asal NTT ini menduga kemungkinan DPR akan menyerahkan ke DPD RI Juli 2019. “Kemungkinan minggu depan, makanya kita menunggu,” tambahnya.

Beberapa hari lalu, Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis juga mengaku DPD RI masih belum menerima surat dari DPR RI terkait daftar 32 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang lolos seleksi administrasi. “DPD belum menerima secara resmi nama-nama yang lolos pemeriksaan administrasi dari DPR,” kata Wakil Ketua DPD RI Darmayanti Lubis kepada Media Indonesia, Selasa (23/7/2019).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top