Nasional

Belanja Buku di Akhir Pekan, Jokowi Sebut untuk Anak-anak di Saat Kunker

JAKARTA – Melepas penat dari rutinitas keseharian, Presiden Joko Widodo santai sejenak di akhir pekan. Kali ini, Kepala Negara mengisi kegiatan libur akhir pekannya dengan menyambangi pusat perbelanjaan Senayan City di Kawasan Jakarta Selatan, ditemani oleh putrinya, Kahiyang Ayu, Minggu, (19/2/2017).

Jokowi dan putrinya menyempatkan diri makan siang di salah satu gerai makanan di pertokoan tersebut sekitar pukul 12.00 WIB. Kehadiran Presiden Jokowi menyita perhatian pengunjung yang hadir di sana.

Presiden Jokowi bersama Kahiyang terlebih dahulu mengunjungi sebuah toko buku. Kepada para jurnalis, Kepala Negara menjelaskan bahwa buku-buku yang ia cari tersebut diperuntukkan untuk anak-anak SD dan SMP yang akan dibagikan langsung olehnya ketika melakukan kunjungan kerja ke daerah.

“Tadi cari buku untuk anak-anak SD dan SMP kalau pas ke daerah,” ujarnya.

Dari sekian buku tersebut, Presiden Joko Widodo sempat menunjukkan buku mengenai Bung Karno dan juga Bung Hatta. Tampak pula buku-buku mengenai dongeng Rakyat Nusantara.

“Ini mengenai Bung Hatta dan Bung Karno untuk anak SMP. Yang ini mengenai cerita rakyat Nusantara, saya kira perlu untuk oleh-oleh pas ke daerah,” Jokowi menambahkan.

Belakangan ini Presiden Joko Widodo yang mengaku menyukai buku bacaan ringan tersebut memang sedang giat-giatnya berupaya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Seperti yang pernah dirinya katakan ketika mengunjungi Ambon, Provinsi Maluku, beberapa waktu lalu bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih perlu untuk didorong agar semakin meningkat.

“Karena kita tahu minat baca rakyat kita itu memang masih tergolong perlu didorong lagi sehingga meningkat,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, gaya Presiden Jokowi mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan bukan kali ini saja dilakukan. Dalam banyak kesempatan sebelumnya, ia juga sempat terlihat mengunjungi tempat-tempat keramaian di Ibu Kota dan saat kunjungan ke daerah-daerah.

Hal itu membuatnya dapat memantau langsung geliat perekonomian suatu daerah. Ia pun menitipkan pesan kepada jurnalis yang menemuinya untuk mengajak masyarakat agar menumbuhkan optimisme dalam membangun perekonomian Indonesia. Sebab, menurutnya, kunci dari membaiknya perekonomian Indonesia ialah pada optimisme dan kerja keras.

“Saya kira semuanya harus mendorong optimisme, karena dengan optimis itulah saya kira ekonomi kita akan bergerak lebih baik. Kuncinya hanya di memberikan dorongan optimisme di semua sektor,” tegas Jokowi.(har/TKP)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top