Nasional

Basarah dan TB. Hasanuddin Calon Pimpinan DPR/MPR RI FPDIP

JAKARTA, Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menilai Ahmad Basarah menjadi salah satu calon yang layak untuk menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI. Karena Basarah sendiri menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI-P di MPR RI, juga menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PDI-P.

“Saya tidak jawab betul tidaknya Pak Basarah dicalonkan menjadi Wakil Ketua MPR RI. Tapi beliau sangat layak. Apalagi kalau melihat pidatonya ketika meraih gelar doktor Hukum Tata Negara di Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, beberapa waktu lalu,” tegas Hendrawan pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Dimana kata anggota Komisi XI DPR RI itu, Basarah dalam disertasinya mampu menguraikan latar belakang historis dan filosofis Pancasila dengan sangat komprehensif. “Basarah jam terbangnya luar biasa. Doktor hukum, sangat memahami seluk beluk MPR. Beliau salah satu orang paling dipercaya alm. Taufik Kiemas (mantan Ketua MPR, suami Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri),” ujar Hendrawan.

Namun kata Hendrawan, penugasan sebagai pimpinan MPR atau pun DPR sepenuhnya ada di tangan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI-P.

Lalu, bagaimana dengan pimpinan DPR siapa yang akan diajukan PDIP? Hendrawan belum bisa komentar. Termasuk saat ditanya mengenai kabar yang berkembang bahwa Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin akan menempati posisi tersebut.

PDI-P membidik kursi Ketua DPR dan MPR dengan mengusulkan revisi Undang-undang Nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sebelumnya sudah memproses laporan PDI-P dan meminta Baleg untuk segera merevisi UU MD3.

Baleg pada Selasa (13/12/2016) lalu sudah bersidang dan memutuskan bahwa revisi UU MD3 masuk dalam program legislasi nasional prioritas untuk segera direvisi. Dan, pada Rabu siang ini, Baleg rencananya melanjutkan rapat dengan pemerintah untuk mengesahkan masuknya revisi UU MD3 kedalam Prolegnas.

Sekretaris Fraksi PDI-P Bambang Wuryanto menyatakan fraksinya tengah mengupayakan penambahan satu kursi Pimpinan DPR dan MPR untuk diisi kader partai berlambang banteng moncong putih itu.

Dua nama yang santer beredar untuk menduduki kursi Pimpinan DPR ialah T.B. Hasanuddin, sementara untuk Pimpinan MPR Ahmad Basarah. Saat ditanya ihwal dua nama tersebut, Bambang mencoba diplomatis.

“Pak T.B. Hasanuddin bagus itu. Tapi kan saya enggak punya wewenang untuk memastikan apakah dia atau bukan. Itu semua kan bergantung pada keputusan ibu ketua umum (Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri),” kata Bambang.

Namun Bambang mengaku belum mengetahui nama-nama yang disiapkan untuk mengisi kursi Pimpinan DPR dan MPR. Saat ditanya kriteria kader PDI-P yang akan mengisi kursi Pimpinan DPR dan MPR, dia tidak menjawab. “Kalian tahu sendiri kan, Ibu Ketua Umum kan mempunyai suara hati yang kuat, tapi tidak mudah menebaknya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top