Nasional

Barikade Gus Dur Dukung Rekomendasi Mutlaqo Ulama

JAKARTA, DPP Barisan Kader Gus Dur (BGD) mendukung penuh 8 poin rekomendasi Multaqo Ulama dan siap mengawal dalam pelaksanaannya. Sebaliknya BGD siap menghadapi kelompok-kelompok yang berusaha mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu 2019.

“BGD akan menerima sepenuhnya hasil rekapitulasi pemilu yang diputuskan oleh KPU dan menolak kelompok-kelompok yang coba mendelegitimasi KPU,” demikian Ketua Umum DPP BGD Priyo Sambadha dan Sekjen  DPP BGD Pasang Haro Rajagukguk di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Menurut Priyo, BGD selalu taat dan patuh (sami’na wa athona) terhadap keputusan para kyai, habaib dan ulama yang telah terbukti dan teruji kealiman dan keilmuannya serta selalu setia terhadap bangsa dan negara.

Namun demikian kata Priyo, semua harus bersabar menunggu hasil rekapitulasi resmi KPU atas proses Pilpres dan Pileg. “BGD memberikan kepercayaan penuh terhadap kinerja KPU yang profesional, independen, jujur dan adil,” katanya.

Karena itu, BGD menolak segala macam manuver politik oleh berbagai pihak yang bertentangan dengan demokrasi Pancasila dan konstitusi.

“BGD menolak seluruh hasil rekomendasi dari apa yang disebut sebagai ‘Ijtima Ulama III’, karena kami pandang hal tersebut tidak memiliki landasan hukum dan bertentangan dengan konstitusi dan aturan yang berlaku,” jelas Priyo.

Dengan demikian DPP BGD mengajak seluruh komponen bangsa untuk tetap menjaga kedamaian, persatuan dan kesatuan, keamanan dan ketertiban masyarakat. “Khususnya di bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M ini,” pungkasnya.

8 Rekomendasi

Sementara itu delapan (8) rekomendasi Mutlaqo Ulama tersebut pertama, setia pada NKRI, dan Pancasila yang secara nyata berkesesuain dengan ajaran Islam.

Kedua, mengajak seluruh umat Islam untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, diminta untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, menjalin silaturahim, menghindari fitnah, perpecahan dan saling memaafkan melalui rekonsiliasi.

Ketiga, menghimbau umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan, perdamaian dan situasi yang kondusif dengan mengedepankan persamaan umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain. Sehingga selama dan sesudah Ramadan mampu menjalankan ibadah dengan kualitas yang lebih baik serta diberkahi Allah.

Keempat, kami mengajak seluruh ummat islam di Indonesia untuk menghindari dan menangkal aksi-aksi provokasi dan kekerasan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab selama dan sesudah bulan Ramadhan karena hal tersebut akan sangat mengganggu berlangsungnya ibadah di bulan suci ramadhan, bahkan dapat menghilangkan pahala berpuasa di bulan Ramadhan yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Kelima, multaqo alim ulama ingin agar seluruh umat Islam di tanah air menaati peraturan perundang-undangan. Sebab dalam prinsip Islam sendiri, hal tersebut diwajibkan.

Keenam, mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk tidak terpancing dalam melakukan aksi-aksi inkonstitusional baik langsung dan tidak langsung. Tindakan inkonstitusional bertentangan dengan ajaran Islam dan dapat mengarahkan pemberontakan.

Ketujuh, mengajak seluruh umat islam di indonesia untuk fastabhiqul khairat berlomba2 dalam kebaikan guna meningkatkan ekonomi umat dalam rangka berpatisipasi transportasi masyaralat dunia melalui era digital, big data dan berjaya teknologi quick count.

Kedelapan, kegiatan Multaqo Ulama ini akan dilakukan secara terus-menerus dalam rangka mengawal implementasi kesepakatan bersama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top