Investasi

Banyuwangi Tingkatkan Kualitas SDM Otomotif

BANYUWANGI-Guna mencetak kualitas sumber daya manusia, maka Pemkab Banyuwangi menggandeng sejumlah bengkel berstandar Astra Honda Motor (AHM). Pelatihan ini, lanjut dia, melibatkan 32 instruktur ahli perbengkelan dari desa dan sekolah kejuruan kualifikasi. “Dan ini bisa dijadikan sebagai modal dasar mencari pekerjaan di bidang perbengkelan,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Pemkab Banyuwangi Wawan Yadmadi di Banyuwangi, Kamis (16/2/2017).

Wawan menambahkan para pemuda ini akan mengikuti pelatihan selama lima hari dari 14 hingga 18 Februari 2017. Selain diikuti oleh pemuda desa, pelatihan juga diikuti pelajar SMA/SMK yang memang tertarik untuk menekuni masalah perbengkelan. “Desa asal pemuda yang mengikuti pelatihan ini juga tidak asal pilih. Kami pilih mereka yang berasal dari desa yang tingkat kemiskinannya agak tinggi,” katanya.

Pelatihan ini, lanjut dia, melibatkan 32 instruktur ahli perbengkelan dari desa dan sekolah kejuruan kualifikasi. “Usai pelatihan, mereka tak sekadar mengerti ilmu perbengkelan, tapi juga akan diberi sertifikat tanda lulus pelatihan,” tegasnya

Sementara itu, pelatihan perbengkelan yang digelar di SMK Muhammadiyah 2 Genteng, menurut Anas, tergolong istimewa. Selain dibimbing instruktur andal dari SMK dan praktisi, bengkel SMK yang menjadi laboratorium untuk pelatihan ini sangat lengkap, mulai dari bengkel mobil yang standarnya seperti bengkel diler serta telah bekerja sama dengan ASCO Daihatsu dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Salah satu peserta, Fandi Siswanto (21), asal Wongsorejo, merasa senang bisa mengikuti pelatihan. Selama ini dia hanya tahu ilmu perbengkelan dari bengkel tempatnya bekerja. “Dengan ikut pelatihan ini, bisa lebih banyak tahu ilmu permesinan dan perbengkelan. Dan ini pun gratis, bagi saya ini benar-benar menyenangkan,” katanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top