Perbankan

Bank Mandiri Pindahkan Jaringan ATM

okezone.com

JAKARTA-Gara-gara ganguan pada Satelit Telkom 1, Bank Mandiri ikut terkena dampaknya. Bahkan sejumlah mesin ATM Bank Mandiri tak bisa digunakan untuk bertransaksi. “Kami sedang diversifikasi tipe jaringan komunikasi dari sisi vendor atau jaringan dan juga sebaran geografisnya,” kata Direktur Teknologi dan Digital Bank Mandiri Rico Usthavia Frans di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Lebih jauh kata Rico, langkah ini dilakukan guna memulihkan sistem yang offline.”Kami sedang melakukan repointing ke satelit lain dengan koordinasi bersama vendor dan Telkom,” tambahnya

Dikatakan Rico, pihaknya melakukan mitigasi untuk diversifikasi jaringan. Karena gangguan satelit Telkom 1. Sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri pun offline. Jumlahnya mencapai 2.000 ATM. Dari total 17.695 ATM. ATM yang mengalami gangguan adalah ATM yang menggunakan jaringan VSAT.

Namun soal layanan mobile banking dan internet banking Bank Mandiri mengaku tak masalah dan masih berfungsi dengan normal. “(Mobile dan internet banking) Tidak ada gangguan,” kata Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), Rohan hafas. (ang/ang)

Sebanyak 2.000 ATM yang mengalami gangguan tersebut adalah ATM yang menggunakan satelit VSAT milik Telkom, yang biasanya berlokasi di daerah-daerah remote atau terpencil.

Ditempat terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Hari Siaga mengatakan layanan internet banking dan mobile banking masih berfungsi normal. Nasabah BRI menggunakan layanan mobile banking atau internet banking untuk mengganti fungsi ATM dalam melakukan transfer atau pembayaran. “Kita mengharapkan agar nasabah menggunakan beberapa sarana transaksi yang saat ini sudah umum digunakan seperti mobile banking atau internet banking,” ungkapnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top