Jawa Timur

Bank Jatim Bantu CSR Guna Kembangkan Pariwisata Gili Iyang Sumenep

Bank Jatim Bantu CSR Guna Kembangkan Pariwisata Gili Iyang Sumenep
Bantuan CSR dari Bank Jatim kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep/Foto: Dok Bank Jatim

SUMENEP, SUARAINVESTOR.COMPT.Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) menyerahkan bantuan CSR kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep yaitu 20 unit kendaraan listrik, 12 unit mobil golf, dan 40 unit tenda UMKM. Adapun bantuan kendaraan listrik dan mobil golf ini akan digunakan di Kepulauan Gili Iyang Sumenep. “Langkah ini untuk melengkapi sarana prasarana agar para wisatawan yang berkunjung ke sana dapat menikmati wisata keliling dengan kendaraan yang ramah lingkungan itu,” kata Direktur Manajemen Risiko bankjatim Eko Susetyono kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi, (9/12/2023).

Lebih jauh kata Eko, Kepulauan Gili Iyang merupakan objek wisata dengan dengan tingkat oksigen terbaik nomor dua di dunia, sehingga kendaraan listrik sangatlah cocok untuk dipakai di daerah tersebut karena tidak menimbulkan polusi udara. Gili Iyang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, khususnya dalam sektor pariwisata dan industri kreatif. Apabila dioptimalkan tentu saja akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi setempat. “Nah, untuk memajukannya otomatis dibutuhkan perhatian dan kepedulian banyak pihak. Maka dari itu, kami berterima kasih kepada Pemkab Sumenep karena bankjatim diberi kesempatan untuk berkontribusi mengembangkan pariwisata Gili Iyang,” paparnya.

Selain kendaraan listrik, sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, bankjatim juga memberikan bantuan CSR tenda UMKM kepada Pemkab Sumenep melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan serta optimalisasi pada kegiatan UMKM sebagai salah satu penopang sektor perekonomian dan sekaligus digunakan untuk penggantian tenda pedagang yang rusak. Sehingga para pedagang akan merasa lebih nyaman dalam bekerja, terutama saat musim penghujan.

Menurut Eko, sektor UMKM harus sepenuhnya mendapat dukungan dari semua pihak. Maka dari itu, bankjatim selama ini tidak hanya memberikan support di bidang pendanaan saja, tetapi juga menghadirkan solusi bagi perkembangan UMKM di Jawa Timur baik pada sisi promosi maupun akses pasar. ”Memberikan akses promosi untuk UMKM adalah faktor penting yang harus dilakukan bila ingin produk-produk UMKM Sumenep ini bisa dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki daya beli yang kuat. Sehingga diharapkan bantuan tenda untuk Kabupaten Sumenep ini dapat menciptakan peningkatan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bankjatim atas bantuan yang diberikan. “Semoga kerja sama ini ke depannya dapat terus ditingkatkan. Kami akan manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk mendukung dan melayani masyarakat, terutama dalam hal peningkatan pariwisata dan mewujudkan UMKM naik kelas serta berdaya saing tinggi,” ungkapnya.***

Penulis      :     Budiana

Editor        :     Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top