Nasional

Banjir, Ketua MPR Desak Pemerintah Pusat – Daerah Duduk Bersama

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling berkoordinasi dalam menangani banjir yang melanda di sejumlah wilayah di Jabodetabek saat ini.

“Mengingat debit air terus naik dan BMKG memprediksi hingga seminggu ke depan, kami minta pemerintah pusat dan daerah harus bekerja sama agar jangan sampai warga yang terkena banjir bertambah,” tegas politisi Golkar itu, dalam keterangannya, Kamis (2/1/2020).

Karena itu dia berharap masing-masing menghilangkan ego sektoral dan justru rakyat yang menjadi korban. Namun, Bamsoet yakin pemerintah pusat dan daerah di Jabodetabek sudah memiliki rencana kerja dalam penangangan banjir ini.

Selanjutnya, bagaimana koordinasi antara pusat dan daerah itu menjadi rencana yang baik dan tak saling berseberangan. Sehingga, penanganan banjir bisa cepat dijalankan dan masyarakat tak menjadi korban lagi.

Dengan demikian Bamsoet mendorong agar ke depan pemerintah pusat dan daerah harus duduk bersama, agar tak ada lagi perdebatan mengenai normalisasi atau naturalisasi sungai dalam penanggulangan banjir tersebut.

Dikatakan, pemerintah pusat punya rencana pembangunan prasarana pengendalian banjir di empat sungai, yakni Sungai Krukut, Sungai Ciliwung, Sungai Cakung, dan Sungai Sunter. Hanya saja, hal itu belum bisa maksimal lantaran terkendala pembebasan lahan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Jadi, tanpa kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, mustahil musibah banjir bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top