Infrastruktur

Bangun TBM, Dorong Masyarakat Desa Nikmati Pendidikan Berkualitas

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM-Pendidikan merupakan pintu masuk untuk memperbaiki kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, pendidikan adalah kunci untuk masa depan. “Melihat hal tersebut, kami melakukan social project berbasis pendidikan untuk mengampanyekan pembentukan Taman Baca Masyarakat (TBM) Samudera Baca,” kata Koordinator TBM Samudra Baca Renaldiansyah dalam siaran persnya, di Desa Suryabahari, Kabupaten Tangerang, Senin (10/8/2020).

Di desa tersebut, kata Renaldiansyah, mayoritas penduduk berprofesi sebagai nelayan dan pekerja kasar. Beberapa kelompok orang tua di desa tersebut pun masih banyak yang mengalami buta aksara. “Anak-anak Desa Suryabahari kebanyakan diarahkan untuk melanjutkan profesi orang tuanya sebagai nelayan. Namun sebagian lain telah sadar untuk melanjutkan pendidikan hingga tingkat sekolah tinggi maupun universitas,” tambahnya.

Keberadaan TBM Samudera Baca, lanjut Renaldiansyah, diharapkan mampu membangkitkan minat membaca. Apalagi Indonesia memiliki tingkat minat rendah dalam membaca. “Berdasarkan penelitian, rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku sebanyak tiga sampai empat kali selama seminggu, dengan menghabiskan waktu 30-60 menit per hari.”

Melihat kenyataan tersebut, tentu ada beberapa faktor memengaruhi minat baca seseorang. Salah satunya ialah lingkungan, yang menjadi faktor terpenting dalam meningkatkan minat baca kelompok masyarakat. “Kondisi lingkungan yang tidak kondusif mempengaruhi individu untuk minat baca.
Karena itu, minat baca yang rendah didominasi oleh masyarakat daerah pedalaman, desa-desa, dimana kebanyakan masyarakat jauh dari jangkauan akses membaca,” cetusnya.

Sementara itu, Pemerhati Griya Baca Revolusioner, Septian Prasetio menjelaskan minat melanjutkan pendidikan cenderung terhalang oleh kemampuan individu dalam memahami pelajaran. “Melihat hal tersebut, kami melakukan social project berbasis pendidikan untuk mengampanyekan pembentukan TBM,” jelasnya.

TBM ini menjadi salah satu fasilitas desa pada remote area sebagai penunjang minat baca masyarakat. Di dalamnya terdapat beberapa kegiatan untuk menstimulus kreativitas, dan inisiatif masyarakat, tidak hanya sebagai perpustakaan konvensional pada umumnya yang lebih cenderung pada kegiatan membaca dan peminjaman bahan pustaka.

Daerah yang berada di pesisir menyadarkan kami bahwa project ini akan memiliki karakter kebaharian sehingga TBM di Desa Suryabahari akan menyesuaikan adat dan bentuk sosial di masyarakat. Dengan ini kami menamakannya sebagai TBM Samudera Baca Desa Suryabahari yang secara lengkapnya akan dijelaskan lebih lanjut pada bab berikutnya.

Tujuan program ini antara lain guna membangun TBM Samudera Baca Desa Suryabahari, untuk memberikan sarana terbaik bagi masyarakat dalam belajar di luar ruang lingkup sekolah, dan sebagai program berkelanjutan mendukung Sustainable Development Goals No.4: Quality Education (Pendidikan Berkualitas).

Keberadaan TBM Samudera Baca Desa Suryabahari akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempengaruhi minat baca di daerah dan memberikan lingkungan serta sarana yang kondusif. Karena terdapat beberapa kegiatan yang inovatif sehingga akan menjadi sarana masyarakat memperluas wawasan dengan kemasan menarik, kreatif, dan menyenangkan.

TBM mengajak masyarakat untuk gemar membaca, karna sangat butuh untuk kebutuhan informasi, edukasi, bahan berkarya dan berdiskusi, bisa mendapatkan senjata yang cukup, untuk menyentuh sektor penghidupan dalam dunia permodalan juga pengembangan Intelektual yang menanamkan keterampilan, sampai pula bisa memberikan haknya, yakni kesukaan hidup dengan jalan pergaulan.
“Dengan misi itu sudah menyadarkan hati nurani bahwa ada kewajiban tanggung jawab terhadap masyarakat dan rakyat,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top