Nasional

Bamsoet Minta Pansel Capim KPK Kirimkan 10 Nama

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan mengirimkan sepuluh nama terbaik kepada DPR. Hal itu agar DPR bisa melakukan uji kelayakan dan kepatutan sebelum masa jabatan DPR berakhir pada 30 September 2019 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, di Kompleks Palrmen Senayan Jakarta, Selasa (9/7). “Uji kelayakan dan kepatutan itu akan lebih efektif oleh DPR sekarang. Karena tidak disibukkan dengan agenda politik DPR yang baru,” ujarnya.

Sebab lanjut Bamsoet, pengalaman pasca-pelantikan anggota DPR 2014-2019 lalu, dimana DPR disibukkan oleh agenda politik pemilihan pimpinan parlemen beserta alat kelengkapannya.

Konflik kepentingan politik pun kata Bamsoet, akan membuat proses politik tersebut menjadi alot dan menguras energi. Sehingga kondisi itu tidak akan efektif untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap Capim KPK tersebut.

“Sebaiknya capim KPK dipilih DPR sekarang, sehingga tak perlu menunggu periode mendatang,” tambah politisi Golkar itu.

Selain itu Bamsoet berharap, hasil pemilihan capim KPK jilid V ini bisa menjadi warisan kerja anggota DPR periode 2014-2019. Tapi, kalau uji kelayakan itu dilakukan anggota DPR mendatang, maka pasti akan mundur.

“Jadi, dengan dipilih DPR sekarang, maka nanti pimpinan KPK terpilih tinggal dilantik pada Desember 2019,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top