Nasional

Bamsoet Minta KPK dan BPKP Awasi Dana Covid19 Rp405,1 Triliun

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Dana bencana penanganan wabah Covid-19 senilai Rp405,1 triliun yang dianggarkan pemerintah dinilai rawan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab jika tidak diawasi. Sehingga perlunya langkah pencegahan terhadap kemungkinan penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan dana bencana tersebut.

Untuk itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dan transparansi dalam pengelolaan dana penanganan Covid-19 tersebut, untuk bisa meminimalisir kebocoran anggaran dan pengelolaanya dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami harap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk terus mengawasi pengelolaan dan penggunaan dana bantuan yang diterima pemerintah melalui Gugus Tugas penanganan pandemi Covid-19, untuk mencegah penyalahgunaan bantuan di tengah upaya besar pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi bencana nasional ini,” tegas Bamsoet, Junat (17/4/2020).

Menurut Bamsoet, KPK perlu mengawasi kinerja kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan institusi lainnya untuk transparan dalam mengelola bantuan, yang diwujudkan dengan mengadministrasikan dan memublikasikan segala bentuk sumbangan serta bantuan yang diterima terkait penanggulangan Covid-19, guna meminimalisir potensi gratifikasi atas penerimaan sumbangan dari masyarakat.

Untuk itu kata Bamsoet, pemerintah bisa memanfaatkan situs resmi untuk mempublikasikan penerimaan dan penggunaan bantuan yang diterima, serta melalui situs tersebut, pemerintah juga disarankan melakukan pemutakhiran data setiap hari sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah.

“MPR mengajak masyarakat dan media massa untuk ikut mengawasi berbagai bantuan, baik dana dari pemerintah maupun dana yang telah diberikan banyak negara dan kelompok masyarakat dalam menanggulangi virus Covid-19 di tanah air,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top