Nasional

Bamsoet Minta Kemnaker Merespon Masalah Ketenagakerjaan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar 10 bulan ini menambah panjang deretan persoalan ketenagakerjaan. Sebagian buruh bekerja tanpa perlindungan dan fasilitas kesehatan yang memadai, serta upah dan pemenuhan hak yang minim.

“Saya minta pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk segera merespons berbagai persoalan ketenagakerjaan, dengan membentuk gugus tugas khusus untuk menegakkan pengawasan dan penyelesaian sengketa hubungan industrial,” tegas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa (22/12).

Kemnaker bersama Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI) diminta Bamsoet untuk meningkatkan advokasi dan pendidikan terhadap pekerja/buruh agar mampu menaikkan posisi tawar dan berargumen dengan perusahaan serta mampu memperjuangkan hak-haknya.

“Kami minta Kemnaker untuk dapat mendengar keluhan buruh atau pekerja serta mendorong pekerja/buruh agar proaktif mempertanyakan serta memperjuangkan haknya dalam perundingan bipartit dan dalam mengakses jatah distribusi bantuan sosial,” ujarnya.

Bamsoet juga meminta pemerintah untuk konsen dan terus berupaya mengatasi imbas dampak pandemi terhadap sektor ketenagakerjaan, khususnya yang terkait dengan pemenuhan hak dan perlindungan pekerja selama pandemi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top