Nasional

Bamsoet: Langkah Diplomatik Merupakan Upaya Efektif dalam Membantu Kemerdekaan Palestina

Bamsoet: Langkah Diplomatik Merupakan Upaya Efektif dalam Membantu Kemerdekaan Palestina
Silaturahim MPR dan Buka Puasa Bersama" Majelis Ulama Indonesia (MUI), Baznas dan para iImam dari Palestina/Foto: John Andhi Oktaveri

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan langkah paling efektif dalam membantu kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel adalah upaya diplomatik seperti yang terus diupayakan Kementerian Luar Negeri selama ini.

Hal itu disampaikan Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet, saat memberikan keterangan usai acara “Silaturahim dan Buka Puasa Bersama” Majelis Ulama Indonesia (MUI), Baznas dan para iImam dari Palestina, Senin (1/4/2024).

Bamsoet: Langkah Diplomatik Merupakan Upaya Efektif dalam Membantu Kemerdekaan Palestina

Menurut Bamsoet, berbagai upaya formal antar parlemen telah sering dilakukan bahkan dalam sejumlah forum internasional. Di antara pertemuan itu termasuk kerjasama negara -negara Muslim yang sering dilakukan.

Bahkan lembaga parlemen sudah mendeklarasikan mendukung kemerdekaan Palestina melalui Deklarasi Bandung. Hal itu dilakukan juga tidak terlepas dari hubungan antara Palestina dan Indonesia yang sudah berlangsung sejak sebelum kemerdekaan. “Sebetulnya terobosan yang paling tepat adalah melalui jalur diplomatik seperti yang dilakukan oleh menteri luar negeri kita dalam melakukan tekanan kepada negara maju untuk mengakui kemerdekaan Palestina,” ujar Bamsoet.

Lebih jauh Bamsoet juga menegaskan komitmen Indonesia dalam membantu rakyat Palestina sampai otoritas itu mendapat kemerdekaan penuh dari penjajah Israel. Komitmen itu, ujarnya, sejalan dengan apa yang disampaikan presiden pertama Republik Indonesia Sukarno yang berjanji akan membantu dengan segala cara untuk kemerdekaan Palestina setelah sebelumnya Mufti Pelestinas menjadi yang pertama kalinya mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Namun demikian, selain upaya diplomatik, Bamsoet juga mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang terlibat menyalurkan bantuan donasi kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Menurutnya, bantuan tersebut harus secepatnya disalurkan untuk menghindari lebih banyak korban kejahatan kemanusiaan akibat serangan Isreael. Negara Zionis itu tidak saja membunuh para pejuang Palestina terutama di Jalur Gaza, tapi juga banyak membunuh anak-anak.
“Kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Menlu Retno yang memperjuangkan rakyat Palestina di forum-forum internasional atas nama rakyat Indonesia,” ujar Bamsoet.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengakui bahwa upaya untuk memerdekakan Palestina bukanlah upaya yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, dia memastikan komitmen Indonesia di PBB untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui jalur diplomatik.***

Penulis:John Andhi Oktaveri

Editor: John Andhi Oktaveri

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top