Nasional

AS Yakin Pimpinan ISIS dan Tangan Kanannya Tewas

WASHINGTON DC, SUARAINVESTOR.COM – Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi bahwa Abu al-Hassan al-Muhajir yang disebut sebagai tangan kanan pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi, telah tewas. Al-Muhajir disebut tewas dalam operasi militer AS yang digelar secara terpisah di Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (29/10/2019), milisi Kurdi Suriah YPG pada Minggu (27/10) waktu setempat melaporkan bahwa Al-Muhajir tewas terbunuh dalam sebuah operasi gabungan antara pasukan Kurdi Suriah dan pasukan militer AS di Suriah bagian utara.

Dalam pernyataan terpisah pada Senin (28/10) waktu setempat, laporan YPG itu dikonfirmasi oleh seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS yang enggan disebut namanya.

Komandan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) Jenderal Mazloum Abdi menyebut operasi yang menewaskan Al-Muhajir itu merupakan ‘kelanjutan dari operasi sebelumnya’ yang menewaskan Baghdadi pada Sabtu (26/10) lalu di Suriah. YPG diketahui merupakan bagian dari SDF yang beberapa tahun terakhir membantu koalisi pimpinan AS dalam memerangi ISIS di Suriah.

Dalam pernyataannya, Mazloum menyebut Al-Muhajir sebagai tangan kanan Baghdadi. Selama ini, Al-Muhajir juga disebut sebagai juru bicara ISIS dan tokoh pejabat tinggi di kalangan ISIS.

Sumber pejabat senior AS menyebut al-Muhajir tewas dalam operasi di Jarablus, Provinsi Aleppo, Suriah. Operasi yang memicu ‘kematian orang nomor duanya (Baghdadi-red), atau salah satu dari orang nomor dua’ juga dilakukan oleh pasukan militer AS.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top