Infrastruktur

Akhirnya Diresmikan Jokowi, Pembangunan Tol Jombang-Mojokerto Sudah Sejak 1996

MOJOKERTO-Molornya pembangunan tol terjadi di banyak lokasi di tanah air termasuk masyarakat di Jawa Timur. Hal itu dirasakan pada pembangun ruas Tol Seksi II dan III Jombang-Mojokerto yang diresmikan Presiden Joko Widodo, di Gerbang Tol (GT) Mojokerto, Desa Penompo, Jetis, Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Presiden Jokowi yang mengaku dibisiki Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa bahwa pembangunan jalan tol ruas Mojokerto-Kertosono seharusnya sudah selesai sejak tahun 1996.

“Pak ini dari 1996, mundar-mundur, mundar-mundur, tidak rampung-rampung. Jika sudah seperti ini, mobil-mobil pindah ke sini, truk kontainer bisa pindah, jalannya sudah bisa digunakan masyarakat. Tidak ada kemacetan terutama di jalan-jalan lingkar luar kota,” ucap Presiden menyampaikan apa yang diucapkan Bupati Mojokerto.

Ruas tol Jombang-Mojokerto yang diresmikan Presiden sejauh 24,9 km. Meliputi Jombang-Mojokerto Barat Seksi II sepanjang 19,9 km dan Seksi III Mojokerto Barat-Mojokerto sepanjang 5,0 km.

Sedangkan total ruas Tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,5 km.
Sebelumnya pada Seksi 1 ruas Tol Bandar-Jombang telah diresmikan pada 2014 lalu. Presiden Jokowi berharap untuk Seksi IV diharapkan selesai pada Oktober 2017 mendatang.

Jokowi mengaku bersyukur dan langsung menyambut baik dengan meresmikan ruas tol yang sudah lama ditunggu-tunggu pengoperasiannya ini.

“Alhamdulillah, minggu-minggu (hari Minggu) saya datang saja, agar bsa cepat dipakai masyarakat. Setelah ini akan ada tiga lagi. Mungkin sebulan, dua bulan ini, buka jadi, buka jadi, jangan diundur-undur” kata Presiden.

Presiden Jokowi berpesan agar manfaat jalan tol Kertosono-Mojokerto dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Saya ingatkan ke Pemda dan pengguna jalan tol agar ikut memastikan jalan tol Kertosono-Mojokerto dapat dirasakan manfaatnya oleh rakyat secara langsung,” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.(nto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top