Perbankan

Akhir 2022, Kioson Genjot Pendapatan Hingga 20 Persen

Akhir 2022, Kioson Genjot Pendapatan Hingga 20 Persen
Kioson adalah penyedia layanan pembayaran keuangan berbasis kemitraan dan agen perorangan yang telah terjangkau di seluruh Indonesia/Sumber Foto: infobanknews.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kioson, startup layanan pembayaran keuangan menggenjot pendapatan hingga 20 persen pada akhir 2022. Langkah perseroan untuk mencapai target tersebut yakni dengan merilis aplikasi Warehouse Management System (WMS). “Kami memprediksi kenaikan pendapatan hingga 20 persen dengan laba bersih ditargetkan mencapai 25 persen pada akhir tahun,” kata CEO Kioson, Andrew di Jakarta, Kamis, (25/8/2022).

Kioson milik PT Kioson Komersial Indonesia Tbk berbasis teknologi online to offline yang berfokus pada pengembangan UMKM dan toko kelontong serta mengembangkan aplikasi WMS telah terintegrasi ke semua marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan Lazada, serta berbagai pihak ketiga logistik, antara lain J&T, JNE, Sicepat, AnterAja dan lainnya.

Lebih jauh Andrew meyakini, kehadiran aplikasi WMS tersebut akan semakin mempermudah para pelaku usaha dalam melakukan jual beli secara daring. “Aplikasi WMS KIOS akan membawa kemudahan bagi UKM dalam bertransaksi online. Terlebih, kami menambahkan fitur sameday delivery dengan ongkir yang murah karena gudang KIOS sudah tersebar di banyak tempat,” ujarnya.

Perseroan baru saja meluncurkan layanan sameday delivery yang menjangkau 25 kota di seluruh Indonesia usai menggandeng 350 brand usaha kecil dan menengah (UKM) ke dalam ekosistem miliknya.

Berdasarkan laporan keuangan konsolidasi perusahaan tahun 2021, perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,5 miliar. Berbanding terbalik dari 2020 yang mengalami kerugian mencapai Rp41,9 miliar. Adapun laba kotor perseroan turut meningkat 124 persen menjadi Rp15,3 miliar (yoy) dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Didirikan pada Juni 2015, Kioson pertama kali diperkenalkan ke publik dengan meluncurukan beta-testing pada 300 tablet dengan aplikasi Kioson. Pada 2016, Kioson menjadi 10 Finalis Top di Piala Dunia Startup. Sebagai bagian dari upayanya untuk menjadi perusahaan O2O yang terus memberikan layanan lengkap kepada mitranya, Kioson telah berhasil mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai startup go public pertama di Indonesia.***

Penulis   :   Iwan Damiri
Editor     :   Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top