Nasional

Akankah Tiga Menteri Ini Direshuffle?

JAKARTA, Setidaknya ada tiga menteri yang akhir-akhir ini bersinggungan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait proses hukum. Mereka antara lain Mendag Enggartiasto Lukita, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Bahkan, Imam Nahrawi langsung menghadap Presiden Jokowi setelah diperiksa KPK. Karena itu kemudian muncul desas-desus akan ada reshuffle kabinet. Hanya saja kapan reshuffle itu akan dilakukan?

Staf Khusus Presiden, Johan Budi SP di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, pada Rabu (8/5/2019) mengaku pihaknya tidak tahu soal itu. Kalau pun  akan ada reshuffle, tidak mungkin saat ini dan kemungkinan setelah Idul Fitri 1440 H/Juni 2019 mendatang.

“Kalau sampai lebaran saya kira tidak ada. Saya tidak tahu setelah lebaran, kemungkinan itu bisa saja. Tapi, saya tidak bisa memastikan apakah reshuffle itu akan dilakukan pada Juni 2019. Yang jelas, Presiden selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja menterinya,” jelas Johan Budi.

Menurut Johan, Presiden Jokowi selalu melihat atau mereview ke belakang untuk reshuffle tersebut. Selalu didahului evaluasi dengan kinerja para menterinya dan tidak dilakukan dalam satu termin waktu tertentu.

“Evaluasi itu dilakukan setiap saat dan Presiden Jokowi selalu kroscek kinerja pembantunya kepada semua pihak.Tapi, saya dengar tidak saat ini karena menghadapi banyak hal menjelang Idul Fitri,” tambahnya.

Johan Budi juga mengaku tidak tahu tentang siapa saja menteri yang akan direshuffle tersebut. “Saya tidak tahu soal nama, juga apakah memang ada reshuffle atau tidak, karena definisi setelah lebaran itu panjang. Sementara pada Oktober 2019 semua sudah selesai bekerja,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top