Market

AirAsia Indonesia Didukung TAGG

JAKARTA- Untuk meningkatkan layanan dan bisnis, maskapai penerbangan AirAsia menjalin kerjasama dengan perusahaan keuangan berbasis teknologi asal Singapura, Six Capital (SIXCAP). Nantinya, merek produk Six Capital, yakni TAGG, akan terpampang di badan pesawat AirAsia.

Peluncuran dilakukan di Hangar 4 GMF AeroAsia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (15/12/2016). Dalam rilis yang diterima, peluncuran dihadiri oleh CEO Grup AirAsia untuk Indonesia, Dendy Kurniawan, serta Pendiri dan CEO SIXCAP Paul Teng, bersama dengan jajaran direksi AirAsia Indonesia dan SIXCAP.

Peluncuran livery TAGG by SIXCAP pada salah satu pesawat Airbus A320 dan A330 yang dioperasikan oleh AirAsia Indonesia. Pesawat yang memiliki corak atau livery TAGG direncanakan akan terbang ke Singapura setiap harinya dari kota-kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Denpasar, atau Semarang.

AirAsia Indonesia terus berupaya meningkatkan pendapatan bisnis di luar penjualan tiket penumpang (ancillary). Bisnis ancillary meliputi pemilihan kursi, asuransi, makanan, merchandise, duty-free, bagasi, kargo, dan layanan red carpet. Saat ini kontribusi bisnis ancillary terhadap pendapatan AirAsia Indonesia sudah mencapai 20 persen.

TAGG sendiri baru diperkenalkan SIXCAP pada Maret 2015, yaitu sebuah permainan sci-fi yang dikembangkan oleh perusahaan keuangan asal Singapura tersebut. Game ini mengombinasikan permainan dunia virtual dengan teknologi keuangan di kehidupan nyata.

Dengan memonetisasi aset dan aktivitas yang terdapat pada permainan tersebut, TAGG membuat aktivitas gaming menjadi produktif dan memiliki makna. Didukung oleh inovasi SIXCAP dalam teknologi keuangan yang telah memenangkan penghargaan, gamer bisa mendapatkan pemasukan saat mereka bermain.

Co-founder dan CEO SIXCAP, Paul Teng mengatakan, “TAGG berupaya untuk memungkinkan orang untuk menjalani passion-nya dalam aktivitas gaming dan memperoleh nafkah pada saat yang sama, untuk bersama-sama menciptakan dampak sosial-ekonomi yang konkret dan positif.”

Sejak diluncurkan, komunitas TAGG telah memiliki sebanyak 14.000 anggota yang bertambah setiap harinya, terutama di wilayah ASEAN.

Sementara itu, CEO Grup AirAsia untuk Indonesia, Dendy Kurniawan, mengatakan bahwa inovasi baru di industri keuangan ini sejalan dengan visi dan misi yang diemban oleh AirAsia.

“Solusi yang dikembangkan oleh SIXCAP merefleksikan salah satu prinsip yang diemban oleh AirAsia, berpikir inovatif. Melalui TAGG, SIXCAP memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk berinovasi dan mewujudkan mimpi menjadi nyata. Kami harap kerjasama ini akan menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk berpikir besar dan melakukan inovasi, karena kami akan membantu SIXCAP untuk menyebarluaskan pesan positif ini ke destinasi-destinasi yang kami terbangi melalui media livery ini,” kata Dendy.

Saat ini, AirAsia Indonesia dan Indonesia AirAsia X melayani penerbangan melalui 4 hub (stasiun penghubung) yang berada di Jakarta, Bali, Surabaya, dan Medan ke 19 rute internasional dan 8 rute domestik dengan 22 armada Airbus A320 dan 2 armada Airbus A330.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top