Nasional

Agus Hermanto: Demokrat Pastikan Usung Kadernya untuk Capres 2019

JAKARTA – Anggota Dewan Penasihat Partai Demokrat (PD) Agus Hermanto menegaskan sesuai keputsuan Rakernas di NTB, jika partainya akan mengusung Capres dan Wapres dari kader Demokrat sendiri di Pilpres 2019 mendatang.

“Pada Rakernas PD di NTB itu telah memutuskan jika Demokrat akan mengusng Capres dan Cawapres dari kader sendiri. Kenapa? Karena pengalaman di pemilu 2014 suara partai menurun diantaranya karena tidak mengajukan capres atau cawapres. Sehingga pengalaman itu yang dijadikan niat untuk mengajukan capres yang tentunya kita melihat bagaimana hal yang terjadi di undang-undang pemilu, yang sedang dibahas di Pansus RUU Pemilu DPR RI,” tegas Wakil Ketua DPR RI itu pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Lalu siapakah kader internal dimaksud? Dalam akar rumput Indonesia diketahui untuk mendulang suara partai harus memberikan the next leader yang mumpuni sehingga akan menjadi foot gather dari partai di akar rumput kader di seluruh Indonesia lebih banyak mengusulkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). “Jadi, kandidat Capres atau Cawapres ini yang diharapkan dulang suara partai,” ujarnya.

Kabarnya AHY belum menjadi kader PD? Menurut Agus, dari internal kader sudah sering bergaul. Namun memang sekarang baru saja mencalonkan di Gubernur DKI Jakarta. “Kita tahu hikmahnya besar di seluruh Indonesia dan nama AHY sudah banyak dikenal sehingga semua kader memposisikan mas AHY dikenalkan,” tambah Agus.

Apakah tidak harus melalui konvensi Demokrat? Kelihatannya dari waktu yang diperlihatkan dan model konvensi pengalaman sebelumnya gagal. Karena itu, Demokrat mempunyai cara lain untuk bisa menampilkan Capres dan Cawapres yang mumpuni. “Jadi, partai mencari cara dan model lain untuk melahirkan Capres dan Cawapres yang mumpuni,” jelas Agus lagi.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrat di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 7-9 Mei 2017, putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tampil dominan.

Padahal Agus sampai sekarang belum berstatus sebagai kader partai. Dominannya kehadiran Agus dapat dirasakan sejak rangkaian Rakernas Partai Demokrat dibuka dengan acara jalan sehat di Lapangan Sangkareang, Mataram, NTB, pada Minggu (7/5/2017).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top