Investasi

Agar Relokasi ke Indonesia, Menperin Siap Lobi Investor AS-Jepang

Agus Gumiwang Kartasasmita/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pemerintah siap merayu investor Jepang dan Amerika Serikat (AS) agar mau merelokasi industrinya dari China ke Indonesia. Hal ini sebagai kesempatan yang baik untuk mendongkrak investasi. “Kami akan melakukan lobi-lobi terhadap Pemerintah Jepang dan Amerika, termasuk perusahaan-perusahaan yang ada di China,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (19/5/2020).

Menurut Agus, perusahaan-perusahaan Jepang dan Amerika yang ada di China bisa merelokasikan industrinya agar bisa masuk ke Indonesia. “Ada beberapa challenge ke depan, ada dua negara besar Jepang dan Amerika akan merelokasikan bagi industri-industri,” tambahnya.

Lebih jauh kata Menperin meminta agar daerah agar daerah ikut mendukung langkah pemerintah. Caranya, dengan mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan saat relokasi industri benar-benar dilakukan. “Ini tentu di pemerintah daerah harus menangkap peluang dan mempersiapkan agar kita tidak ketinggalan kereta,” katanya.

Sebelumnya, berbagai investor memilih merelokasi industrinya keluar dari China saat perang dagang antara AS-China berkecamuk. Namun demikian, tak satu pun industri dari China yang direlokasi ke RI.

Sementara itu negara yang mendapatkan limpahan paling banyak adalah Vietnam yang mendapat 23 relokasi, 10 relokasi lainnya justru berlabuh ke Thailand dan Kamboja.
Chief Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean mengungkapkan, relokasi yang dilakukan oleh investor dari China sama seperti pola Jepang ketika investor melakukan hal serupa saat Jepang terlibat perang dagang dengan AS tahun 1989.

Saat itu, jepang merelokasi middle-end dan low-end industri ke negara-negara tetangga, seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia. Namun untuk yang high-end industri tetap berada di Jepang. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top