Investasi

Investasi Rp2,9 Triliun, ADM Bangun Pabrik Baru Berkonsep E-SSC

Investasi Rp2,9 Triliun, ADM Bangun Pabrik Baru Berkonsep E-SSC
Peletakan batu pertama pabrik ADM di Kerawang/Sumber Foto: Kompas.com

KARAWANG, SUARAINVESTOR.COM– PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi membangunan pabrik perakitan baru di ADM Assembly Plant, Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat. Pabrik dengan nilai investasi sekitar Rp2,9 triliun itu mengadopsi konsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact). “Pabrik yang direncanakan memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun itu dapat memenuhi berbagai aspek aktivitas produksi berkat penggunaan teknologi yang modern,” kata Direktur PT Astra Internasional Tbk, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Karawang, (3/2/2022).

Lebih jauh Hamdhani menambahkan bahwa pembangunan fasilitas perakitan baru ini bertujuan agar ADM dapat terus menyediakan kendaraan berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang tetap kompetitif. “Pabrik ini akan mendukung Astra memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus menjaga keberlanjutan perusahaan dengan menciptakan fasilitas produksi yang modern dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Hamdhani menjelaskan  pabrik yang direncanakan memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun itu dapat memenuhi berbagai aspek aktivitas produksi berkat penggunaan teknologi yang modern. “Pabrik ini juga menjanjikan kualitas dan tingkat pengiriman yang lebih cepat, serta ramah lingkungan,” tuturnya lagi.

Pembangunan pabrik baru ini merupakan upaya Daihatsu dalam memenuhi target karbon netral sesuai dengan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s untuk Indonesia. Fasilitas pabrik yang sedang dibangun itu akan memanfaatkan energi terbarukan sehingga dapat mengurangi kadar emisi karbon hingga 20 persen.

Fasilitas produksi di Karawang itu akan menggantikan pabrik yang sebelumnya berlokasi di Sunter, tepatnya Line 1, yang telah beroperasi selama 27 tahun. “Pembangunan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari pembangunan pabrik sebelumnya yang pernah diresmikan di Karawang, yaitu Karawang Assembly Plant Line 1 pada tahun 2011 lalu,” ujarnya.

Dalam acara yang sama, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Yasushi Kyoda menyampaikan bahwa acara itu merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pihak, khususnya kepada pemerintah Indonesia, mitra Daihatsu, serta seluruh pelanggan. “Pembaruan pabrik ini merupakan tonggak penting kami untuk menuju masa depan, serta wujud komitmen kami untuk kerjasama lebih lanjut dengan Indonesia,” pungkasnya. ***

Penulis : Budiana
Editor   : Budiana

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top