Headline

Ada Opsi Proyek KA Jakarta Surabaya Dibangun Melayang

JAKARTA—Perlintasan sebidang menjadi tantangan dalam proyek revitalisasi kereta api kecepatan menengah rute Jakarta-Surabaya. Berdasarkan catatan ada sekitar 988 perlintasan sebidang. “Ini nggak bisa diselaikan sektoral oleh Kementerian Pekerjaan Umum ada dua pilihan, dengan membangun dan menghentikan perlintasan sebidang 988, tetapi suatu konsep kita bikin elevated (layang),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengutip Bisnis.com di Jakarta, Kamis, (26/1/2017).

Menurut Budi, terdapat dua opsi yaitu menghilangkan perlintasan sebidang atau membangun jalur layang (elevated). Sekitar 988 perlintasan sebidang tersebut belum termasuk perlintasan yang kecil-kecil yang dilewati kendaraan bermotor dan hewan ternak.

Namun, menurut Budi, kendala yang dihadapi apabila jalur KA dibangun secara layang, yaitu biaya investasi akan membengkak. “Makanya, kita memberikan kesempatan ke Jepang untuk menyampaikan proposal itu, syukur-syukur bisa dilakukan swasta dan elevated (layang),” ucapnya.

Dia mengatakan opsi jalur KA dibangun layang tersebut bisa merupakan usulan dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan.

Sebelumnya, pemerintah Jepang akan menyusun proposal awal mengenai rencana kerja sama proyek revitalisasi jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

Berdasarkan hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Pemerintah Indonesia memberikan kesempatan kepada Pemerintah Jepang untuk menyusun proposal awal terkait rencana kerja sama proyek revitalisasi Jalur Utara Jawa tersebut. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top