Nasional

Abdullah Azwar Anas Jadikan Banyuwangi Maju dan Sejahtera

BANYUWANGI-Abdullah Azwar Anas, mantan anggota DPR RI dari FPKB ini sudah dua periode menjadi bupati Banyuwangi Jawa Timur sejak 2009-2018, maka sejak itu mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) itu banyak melakukan inovasi dan gebrakan pembangunan sehingga daerahnya mengalami kemajuan seperti sekarang ini.

“Berbagai kemajuan daerah Banyuwangi diantaranya memperpanjang landasan bandara menjadi dari 1.500 meter menjadi 2.200 meter dan sudah bisa didarati pesawat jet, pengurangan kemiskinan dari 24 persen menjadi 9,17 persen, income per kapita naik dari 17 juta menjadi 37,6 juta per tahun,” demikian Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas saat memberikan sambutan pada acara press gathering wartawan MPR RI di Banyuwangi Jawa Timur, pada Jumat (25/11/2016).

Hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono, anggota MPR RI Zainut Tauhid Sa’adi (FPPP), Sirmadji (FPDIP), anggota DPD RI Ahmad Nawardi, dan jajaran Pemkab Banyuwangi.

Bahkan sejak lima tahun terakhir memproteksi pasar rakyat. Karena itu di Banyuwangi tidak ada Indomaret, Alfamart, mall mall, hotel,villa-villa, wisatawan dilarang telanjang di pantai dan sebagainya. Selain itu juga melarang buah impor. “Terbukti kebijakan itu meningkatkan income rakyat Banyuwangi. Tidak seperti yang dikhawatirkan orang,” tegas mantan anggota DPR RI FPKB itu.

Dengan demikian kata Azwar Anas, Banyuwangi juga telah mengubah image dari
sebelumnya dikenal sebagai klenik dan sudah berubah menjadi melek teknologi informasi (IT). “Ini dibuktikan dengan penggunaan IT di pedesaan seperti pemanfaatan komputer dan internet di desa dan lain-lain,”jelas Azwar Anas.

Sebagaimana diketahui Pelabuhan Ketapang ada di Banyuwangi yang menyeberangkan Fery ke Bali dan daerah lainnya. 182 ribu penumpang kini menyeberang dari Banyuwangi tiap tahun, naik 30 persen dibanding tahun lalu. “Sistem E-budeting diterapkan sinambung dengan musrenbang dari desa sehingga tidak bakalan ada proyek dadakan,” pungkasnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top