Nasional

13 Tahun, DPD: Kewenangan Harus Sesuai Harapan Masyarakat

JAKARTA, DPD RI merayakan HUT Ke-13 pada 1 Oktober 2017 ini dengan tema ‘Pemantapan Kewajiban Konstitusional DPD RI’. HUT dimeriahkan dengan tari saman, terjun payung dan pencak silat.

HUT berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, pada Minggu (1/10/2017). HUT dibuka oleh Ketua DPD RI Oesman Sapta didampingi Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Darmayanti Lubis.

Oesman Sapta mengatakan jika sebelum hadir ke DPD RI dirinya membacakan teks Pancasila pada upacara hari kesaktian Pancasila bersama Presiden Joko Widodo dan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara di lubang buaya.

“DPD memang harus menjalin komunikasi yng baik dengan semua lembaga tinggi negara khususnya DPR, agar ke depan produk-produk RUU yang dihasilkan DPD bisa dibahas bersama-sama,” ujarnya.

Karena itu dia berpesan kepada seluruh Pimpinan Alat Kelengkapan dan Anggota DPD RI agar ke depan dapat menjalankan tugas membela daerah karena tanpa daerah tidak ada Indonesia. “Jadi, kita akan bekerja keras agar tugas dan wewenang DPD berjalan sesuai keinginan masyarakat,” tambah Oesman Sapta.

Dimana apa yang telah dilakukan oleh DPD sekarang ini menurut Oesman Sapta, benar-benar bisa menyerap aspirasi daerah dan juga melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan kepentingan masyarakat daerah.

Mengapa? Sebab, DPD RI ini memiliki komitmen kepada negara untuk berkontribusi dalam pembangunan. Seperti halnya DPR RI. Sehingga harus ada kesamaan pandangan antara DPD dan DPR RI. “DPD sudah ikut membahas RUU bersama DPR RI,” katanya.

Dikatakan, jika selama 13 tahun DPD RI ini sudah banyak capaian yang dilakukan oleh DPD RI. “Insya Allah semua akan berjalan dengan lancar. Dan, pada hari ulang tahun DPD ini saya mengucapkan selamat kepada semua anak-anak bangsa agar memberikan semangat kepada DPD agar DPD betul-betul dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk daerah,” ujarnya.

“Kita semua orang daerah, tanpa daerah, tidak ada nasional ini. Itu sebabnya marilah kita doakan agar DPD ini berjalan sesuai keinginan masyarakat,” pungkasnya.

Wakil Ketua Nono Sampono mengatakan tema HUT ini pemantapan kewajiban konstitusional DPD RI. “Tema ini diangkat dalam rangka penguatan kelembagaan kDPD RI dalam menjalankan fungsi tugas konstitusional ke depan,” kata Nono Sampono.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top