Headline

Yi Gang Resmi Gubernur Bank Sentral China

tribunnews.com

JAKARTA–China tampaknya tak main-main dengan sektor keuangan. Oleh karena itu, menugaskan Yi Gang sebagai gubernur bank sentral (PBOC). Hal ini untuk membenahi sektor keuangan selain ditugasi memodernisasi kebijakan moneter negara itu. Sebelumnya Yi Gang merupakan deputi gubernur bank sentral yang memiliki jaringan luas di dunia internasional.

Kongres Rakyat Nasional sepakat menerima usulan President Xi Jinping itu sekaligus menyetujui pengangkatan penasihat ekonomi Xi yang juga pimpinan Bank Rakyat Liu He sebagai wakil perdana menteri. Dari posisi itu terlihat Liu He akan mendapat dukungan penuh dari Yi Gang.

Dengan mempromosikan deputi gubernur PBOC di bawah kepemimpinan Zhou Xiaochuan yang telah menjabat selama lebih dari satu dekade, China mengisyaratkan akan meneruskan kebijakan bank sentral sebelumnya. Kini Zhou bersiap pensiun di usia 70 tahun setelah memimpin bank sentral melewati berbagai krisis keuangan global.

Berbicara di stasiun Bloomberg Television, Wakil Menkeu bidang Internasional AS, David Malpass mengatakan bahwa Yi merupakan merupalkan sosok pemimpin keungan yang tegas. Selain itu dia juga memiliki kemampuan teknis dan ilmu yang mumpuni. “Amerika Serikat siap untuk berdialog dengan pemimpin bank sentral yang baru,” ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (19/3/2018).

Yi yang kini berusia 60 tahun disebut memiliki pengaruh kuat di dalam dan luar negeri sebagaimana Zhou pendahulunya. Zhou menjabat sejak 2002. Secara terpisah, Liu Kun, mantan deputi menteri keuangan, dinominasikan untuk menggantikan Xiao Jie sebagai Menteri Keuangan. Sedangkan Menteri Perdagangan Zhong Shan akan ditunjuk kembali pada posisinya, menurut laporan media pemerintah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top