Market

Warga Miskin Jember Dapat KIS

berita-kartu-indonesia-pintar-surabaya_20160928_101647

JEMBER-Distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) terus diperluas hingga pelosok desa. Tak terkecuali yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang sekaligus melakukan sosialisasi secara bertahap kepada warga penerima KIS tersebut yang dipusatkan di pondok pesantren. “Pembagian KIS tidak akan berhenti pada pembagian masyarakat kurang mampu, namun guru PAUD/RA, guru ngaji dan takmir masjid di seluruh kabupaten Jember akan didata dan akan diberikan KIS sebagai kartu asuransi kesehatan,” kata Bupati Jember Faida di sela-sela pendistribusian KIS di Pondok Pesantren Al Muarif Al Mubarak di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, mengutip Antaranews.com, Senin, (9/4/2018).

Pembagian KIS untuk hari pertama didistribusikan di Kecamatan Patrang, Sumbersari, Kaliwates, Sukorambi, Panti, dan Ajung. Di Kecamatan Patrang sendiri dipusatkan di Pondok Pesantren Al Muarif Al Mubarak didistribusikan sekitar 1.116 orang yang mendapatkan KIS yaitu Kecamatan Patrang ada sekitar 703 KK, Kecamatan Sukorambi 78 KK, dan Kecamatan Panti sekitar 335 KK. “Pendistribusian KIS itu sebagai komitment kami untuk mewujudkan Jember sehat untuk semua sesuai program kerja yang ada dalam 22 janji kerja Faida-Muqiet,” tuturnya.

Faida juga meminta agar pasien penerima KIS diurus atau ditangani terlebih dahulu oleh rumah sakit atau puskesmas, sedangkan administrasi kependudukannya diproses belakangan karena yang terpenting pasiennya selamat.

“Semua ini adalah program gratis dari pemerintah untuk masyarakat. Jika ada yang meminta imbalan adalah pungutan liar, maka segera laporkan jika itu terjadi dan masyarakat sekarang harus berani melaporkan tindakan-tindakan tersebut,” katanya.

Sementara itu, untuk Kecamatan Sumbersari yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Thoyibah tercatat sebanyak 782 KK. Pembagian KIS di Kecamatan Kaliwates tercatat ada dua Kecamatan yang digelar bersamaan di Pondok Pesantren Al-Azhar Muktisari, Kaliwates, yaitu Kecamatan Kaliwates sebanyak 791 KK dan Kecamatan Ajung sebanyak 427 KK, dengan total KIS yang akan diberikan sebanyak 1.218 KK.

Pendistribusian ribuan KIS tersebut akan dilakukan hingga lima hari kedepan di 14 titik yang tersebar di beberapa kecamatan secara bertahap di masing-masing lokasi yang ditentukan yakni sejumlah pondok pesantren.

Sementara berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jember menyebutkan jumlah KIS yang sudah dibagikan sebanyak 35.170 kepala keluarga atau 80.779 jiwa, sedangkan KIS yang sedang dibagikan di 14 titik tersebut sebanyak 15.732 KK. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top