Nasional

Wapres KH. Ma’ruf Amin Terima ASN Penerima Anugerah 2019

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Presiden kh. Ma’ruf Amin menerima kunjungan 9 orang penerima Anugerah ASN tahun 2019 di kantornya. Wapres mewanti-wanti agar para ASN tidak terpapar pemikiran radikal terorisme.

“Harus diperkuat komitmen kebangsaannya. Jangan sampai pegawai kita terpapar oleh paham-paham yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kebangsaan dan kenegaraan kita. Kalau sekarang itu disebut sebagai radikal terorisme yang sudah merambat ke mana-mana,” tegas Ma’ruf Amin di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Mustasyar PBNU itu juga bicara anggapan belum maksimalnya kinerja birokrasi yang ada. Dia mengatakan hal tersebut kini sedang ditangani dengan mengusung reformasi birokrasi.

“Ada kesan seakan-akan birokrasi kita itu belum mampu merespons, ada kelambatan-kelambatan, ketidaksiapan terhadap tuntutan yang ada. Oleh karena itu, kemudian salah satu prioritas program nasional kita, yaitu reformasi birokrasi,” ujarnya.

Menurut Wapres, reformasi birokrasi saat ini masih belum menyentuh pada hal-hal yang spesifik. Menurut Ma’ruf, perkembangan program ini harus segera dilakukan.

“Ada istilah bahwa reformasi birokrasi ini memang kita sudah mulai tapi baru menyentuh kulit-kulitnya, belum jantungnya, belum paru-parunya sehingga perlu ada pembedahan-pembedahan, perlu ada juga motivasi-motivasi,” kata Ma’ruf.

Karena itu, Ma’ruf menyampaikan ada 2 tuntutan utama bagi ASN saat ini. Hal itu meliputi kompetensi dan komitmen kerja ASN. “Memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dan juga memiliki komitmen. Komitmen terhadap nilai kebangsaan dan kenegaraan kita. Karena itu sekarang itu memang akan terus dilakukan peningkatan dari pada kualitas sebagai wujud dari pada kompetensi yang harus dimiliki,” tambahnya.

Hadir Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dan Ketua Dewan Juri Anugerah ASN tahun 2019 Helmi Yahya. Hadir pula 9 orang penerima anugerah tersebut.

Berikut ini daftar nama penerima anugerah beserta kategorinya:
Kategori PNS Inspiratif

  1. Jaya Setiawan Gulo (Kementerian Keuangan)
  2. Nani Yulia (Kepala Urusan Dokter dan Kesehatan Polres Brebes, Jawa Tengah)
  3. Virna Dwi Oktariana (Kementerian Kesehatan)

Kategori The Future Leader

  1. Aryo Pamoragung (Kementerian Komunikasi dan Informatika)
  2. Aldiwan Haira Putra (Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan)
  3. Susilo Ratnawati (Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I.Yogyakarta)

Kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan

  1. Dwi Teguh Wibowo (Kementerian Keuangan)
  2. Iwan Dakota (Kementerian Kesehatan)
  3. Iwan Suprijanto (Kementerian PUPR)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top