Industri & Perdagangan

UMKM Perlu Dukungan Manajemen dan Pembiayaan

kanalsatu.com

JAKARTA-Daya tahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal terhadap guncangan ekonomi sangat kuat. Karena itu perlu didukung dengan struktur pembiayaan dan manajemen yang tepat. “Bahkan potesi UMKM ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional hingga 8%,” kata Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng di Jakarta.

Tanri menawarkan pembentukan Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) melalui pengembangan UMKM tersebut. Konsep ini dianggap solusi terhadap kelemahan struktural koperasi dan UMKM untuk menjadi lembaga pelaku ekonomi yang memiliki posisi sejajar dengan badan usaha yang lain sesuai dengan strategi pemberdayaan ekonomi Pancasila. “Kesejajaran tersebut juga dalam hal memiliki posisi tawar untuk bersinergi dan bekerjasama,” terangnya.

Menurut Tanri, konsep BUMR sudah setahun digagasnya dalam sebuah buku, merupakan sebuah konsep korporatisasi koperasi dan UMKM. BUMR disebut memiliki skala ekonomi sesuai prinsip pengelolaan usaha yang efisien di mana produksi disesuaikan dengan kebutuhan pasar atau industri pengguna bahan baku yang disuplai oleh anggota BUMR sendiri.

Melalui struktur korporasi BUMR, kelompok-kelompok tani atau koperasi juga dapat langsung mengakses pasar dan pembiayaan. Para pengusaha mikro atau petani pun akan memperoleh jaminan pasar dengan harga pasar yang terjadi melalui negosiasi sejajar antara BUMR dan industri atau usaha besar.

Chief Executive Office Dubai Islamic Bank United Arab Emirates, Adnan Chilwan berpendapat, memang perlu sebuah lembaga yang membantu pengusaha muda khusususnya di sektor UMKM, tidak hanya dalam pembiayaan tapi juga dalam mengakses pasar.
“Yang tidak kalah penting untuk bisa dikembangkan oleh pengusaha muda, tidak hanya gagasan tapi juga kendaraan.

Oleh karena itu, kata Tanri, pemerintah harus merespon secara cepat. “Kita perlu lembaga yang bisa memungkinkan ide-ide besar untuk bisa mengakses pasar. BUMR adalah pendekatan untuk menangkap semua hal, program ini harusnya disponsori oleh pemerintah,” imbuhnya. ***aec

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top